get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengulik 28 Oktober : Deklarasi Sumpah Pemuda dan Peristiwa Bersejarah Lainnya

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 08:23 WIB
header img
Kongres Pemuda II dibuka. (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bagi perjalanan bangsa Indonesia, 28 Oktober merupakan salah satu tanggal bersejarah dalam merebut kemerdekaan. Sebab pada 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia bersatu untuk membuat keputusan. Keputusan itu saat ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Akan tetapi serangkaian peristiwa lainnya juga pernah terjadi pada 28 Oktober dari tahun ke tahun. Peristiwa itu di antaranya Cekoslowakia merdeka dari Austria hingga Bapak Liberalisme John Locke tutup usia.

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa bersejarah tersebut :

1. Deklarasi Sumpah Pemuda

Pada 27 Oktober 1928, digelar kongres pemuda II yang menghasilkan keputusan penting yakni sumpah pemuda. Sumpah pemuda diikrarkan oleh para pemuda yang menegaskan cita-cita 'Tanah Air Indonesia', 'Bangsa Indonesia', dan 'Bahasa Indonesia' tepat pada 28 Oktober 1928 atau sehari setelah kongres pemuda II.

Kongres pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres pemuda II hari pertama digelar di Gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik) dan hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Kongres pemuda II yang kemudian dikenal dengan tujuan sumpah pemuda memiliki maksud yakni melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia, dan memperteguh persatuan Indonesia.

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut