get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Deretan Makanan yang Tak Mudah Bikin Gemuk

Berikut 7 Deretan Buah yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes, Salah Satunya Stroberi

Senin, 24 Oktober 2022 | 12:09 WIB
header img
Ilustrasi buah stroberi. (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Seseorang yang memiliki penyakit diabetes tentunya harus mengatur pola makan. Hal ini lantaran penderita diabetes diharuskan menjaga gula darah agar tetap stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

Ahli diet Farah Z. Khan, RD, yang juga pelatih kesehatan dan kebugaran mengatakan banyak pasiennya yang takut mengonsumsi buah karena di dalamnya mengandung gula, Namun Khan mengatakan penderita diabetes justru diperbolehkan makan buah.

Menurutnya fruktosa dan glukosa alami yang ditemukan dalam buah sangat berbeda dari gula tambahan yang ditemukan dalam permen, es krim, kue, dan minuman ringan.

“Buah menyediakan vitamin dan mineral penting, dan juga memiliki serat di dalamnya yang menunda seberapa cepat makanan akan dicerna, sehingga glukosa akan memasuki aliran darah Anda lebih lambat," ujar Khan seperti dikutip dari Good House Keeping.

Khan menyarankan untuk mengonsumsi buah utuh, karena buah kering atau buah kalengan biasanya mengandung gula tambahan. Selain itu juga konsumsi buah seperempat piring setiap hari. Lantas buah apa saja yah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes? Berikut ulasannya.

1. Pisang

Pisang buah yang bagus untuk penderita diabetes. Namun saat membeli pisang sebaiknya beli yang setengah matang. Karena bila pisang matang kandungan gulanya akan meningkat.

2. Jeruk

Selanjutnya adalah jeruk buah yang kaya akan vitamin C dan serat dalam ukuran sedang. Di dalam jeruk terdapat indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu 55. Buah ini dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

3. Blackberries

Di dalam blackberries terdapat kandungan antioksidan yang bagus untuk penderita diabetes. Selain itu buah ini juga mengandung serat dua kali lipat dari stroberi sehingga bagus untuk membuat kenyang lebih tahan lama.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut