get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Isu Resesi Global 2023 Marak Diperbincangkan, Disebut Lebih Parah Dibandingkan Pandemi Covid-19?

Senin, 24 Oktober 2022 | 11:59 WIB
header img
Ilustrasi resesi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Isu resesi 2023 belakangan ini marak diperbincangkan masyarakat hingga dibuat panik perihal ini.

Padahal, menurut akademisi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali, pada 2020 dunia sudah melewati masa resesi.

Selama pandemi Covid-19, kata Rhenald Kasali, tercatat saat itu pertumbuhan ekonomi mengalami kemunduran selama 3 kuartal berturut-turut.

Rhenald Kasali mengemukakan,  selama pandemi Covid-19, bangsa mana yang tidak mengalami resesi? hampir semuanya mengalami. Karena harus meningkatkan hutang, jadi menggunakan strategi defisit pendapatan yang berkurang.

"Namun spendingnya harus ditingkatkan. Demi menyelamatkan rakyatnya," katanya dalam video yang diunggah pada laman YouTube pribadinya, dikutip Okezone Senin (24/10/2022).

Resesi kali ini terdengar menakutkan karena banyak tokoh publik ikut membahas, yang kemudian disalah artikan oleh sebagian orang.

“Resesi ini sekarang menjadi sangat menakutkan karena disampaikan juga oleh tokoh-tokoh publik, dan kemudian diterjemahkan oleh sejumlah orang bahkan dikatakan akan terjadi PHK massal besar-besaran,” bebernya.

Oleh karena itu, guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini berpesan kepada masyarakat untuk tidak panik, dan tidak salah menejermahkan arti dari resesi tersebut.

Sebagai contoh, para contoh publik menyarankan untuk menahan uang, jangan dulu berinvestasi, dan memotong biaya pemasaran.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut