get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jika Hujan Lebih 1 Jam, Jarak Pandang 50 Cm Segera Mengungsi. Ini Imbauan ‎Kepala BNPB

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:53 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto : Okezone)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Jika terjadi hujan lebih dari 1 jam dan jarak pandang 50 meter, warga masyarakat untuk segera mengungsi. Hal ini bisa menjadi tanda akan terjadinya banjir bandang.

Demikian  diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto  saat Rapat Koordinasi Nasional BNPB-BPBD Untuk Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Cuaca Ekstrem, Senin (10/10/2022).

Suharyanto mengimbau, bagi asyarakat di sekitar lereng, dataran rendah jika terjadi hujan lebih dari 1 jam,  kalau hujan berturut-turut lebih dari 1 jam, kemudian jarak pandang 50 cm tidak terlihat, ini merupakan tanda-tanda akan terjadinya banjir bandang atau akan terjadinya air dari hulu menuju hilir

“Kalau itu apabila terjadi seperti ini segera keluar dari rumah, tinggalkan tempat, tinggalkan medan yang aman yang lebih tinggi. Ini kalau kita tidak berikan informasi kepada masyarakat apalagi kalau terjadinya hujan di malam hari, di subuh gitu kan, nah ini masyarakat tidak waspada, menganggap tidak terjadi apa-apa tiba-tiba bencana datang dalam waktu yang cepat,” papar Suharyanto.

Pada kesempatan itu, Suharyanto juga meminta agar TNI Polri menjadi garda terdepan yang sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat menghadapi kondisi-kondisi siaga, kondisi-kondisi menghadapi bencana.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut