Berikut Biodata Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia Asal Indonesia

Melati Pratiwi
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 19:11 WIB
Tri Mumpuni, ilmuwan muslim Indonesia paling berpengaruh di dunia. (Foto: iNews.id)

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh

Pada tahun 2021, Tri Mumpuni menorehkan prestasi yang begitu membanggakan. Bagaimana tidak, dirinya masuk dalam 22 Most Influential Muslim Scientists, yang merupakan bagian dari daftar The 500 Most Influential Muslims yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Sebenarnya tak mengherankan jika Tri Mumpuni bertengger dalam jajaran ilmuwan berpengaruh. Pasalnya, wanita kelahiran 6 Agustus 1964 memiliki kontribusi besar pada kemajuan desa-desa di Indonesia lewat pembangkit listrik tenaga mikro hidro elektrik.

Selain membantu sektor usaha mikro, karya Tri Mumpuni juga telah diterapkan di puluhan desa Tanah Air, bahkan salah satunya juga sebuah desa di Filipina.

Penghargaan Lain

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa Tri Mumpuni menyabet Ashden Awards 2012 lantaran kontribusi besar pada desa-desa terpencil lewat Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). 

Selain penghargaan di bidang pemberdayaan energi ramah lingkungan tersebut, tri juga memboyong penghargaan lain seperti misalnya Ramon Magsaysay bersama Hasanin Junaini tahun 2011 lalu.

Pada 27 April 2010, Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga pernah menyebut namanya pada Presidential Summit on Entrepreneurship. Tri Mumpuni dikatakan sebagai wirausahawati sosial yang berhasil mengembangkan pembangkit listrik di banyak daerah terpencil.

Anggota Dewan Pengarah BRIN

Tri Mumpuni merupakan salah satu anggota dewan pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dewan Pengarah BRIN sendiri diketuai oleh Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya, Tri Mumpuni juga sempat menjabat sebagai anggota Komite Inovasi Nasional.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini