KPU Karawang Masuki Tahap Verifikasi Administrasi, Ada Parpol yang Belum Memenuhi Syarat Minimum

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:17 WIB
Ketua KPU Karawang Miftah Farid. (Foto: iNewsKarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

"Sekarang masih ada waktu untuk memperbaiki atau menambah jumlah syarat minimal dukungan. Dan pada 15 Oktober 2022 nanti, kita masuk verifikasi faktual, yang di mana nanti KPU RI akan mengeluarkan data keanggotaan parpol kepada masing-masing KPU Kabupaten dan juga Kota, untuk dilakukan verifikasi secara faktual," jelasnya. 

Untuk mempersiapkan hal tersebut, dirinya telah menyiapkan tim yang akan terjun langsung ke masing-masing titik yang sudah ditentukan. 

"Berdasarkan data keanggotaan yang nanti akan kami terima dari KPU RI, kami akan datangi satu per satu untuk dilakukan verifikasi secara faktual, benar atau tidak sebagai anggota parpol tersebut. Dan ada mekanisme untuk verifikasi datanya berupa formulir yang harus diisi, " ujarnya. 

Masih kata Miftah, data yang telah diverifikasi secara faktual akan dilakukan perbaikan juga.

"Jadi ketahuan, berapa jumlahnya anggota yang memang sebagai anggota parpol tersebut atau yang memang tidak merasa bukan parpol tersebut," katanya. 

Selanjutnya, ia juga mengatakan, pada 13 Desember 2022 akan dilakukan penetapan calon peserta Pemilu 2024

"Nanti akan diketahui, parpol mana saja yang memenuhi syarat untuk mengikuti pencalonan peserta pada pemilu 2024," tandasnya. 

"Untuk parpol yang sudah ada perwakilannya di DPR RI, itu hanya sampai tahap verifikasi administrasi, tidak disertakan di verifikasi faktual, karena sebelumnya sudah memenuhi syarat-syarat. Dan untuk parpol baru, di Karawang belum selesai karena mereka masih harus memenuhi syarat pencalonan peserta Pemilu 2024. Dan hasilnya nanti di Bulan Desember 2024," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini