Logo Network
Network

Berikut Negara Terkaya dengan Mayoritas Penduduk Umat Islam

Viola Tri Amanda
.
Kamis, 22 September 2022 | 13:44 WIB
Berikut Negara Terkaya dengan Mayoritas Penduduk Umat Islam
Ilustrasi. (Foto : Okezone/Istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Islam merupakan agama dengan jumlah pemeluk terbesar kedua di dunia dengan total 1,9 miliar orang. Masyarakat pemeluk agama Islam ini juga turut tersebar ke berbagai negara bahkan ada beberapa negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. 

Negara mayoritas muslim ini tentu juga memiliki tingkat perekonomian tersendiri. Di antara negara ini terdapat beberapa negara yang masuk ke dalam kategori negara kaya. 

Untuk membandingkan nilai kekayaan warga antar negara, digunakan metrik perhitungan yakni Purchasing Power Parity (PPP). PPP akan menempatkan sekelompok barang, kemudian membandingkanya dengan berapa dana yang diperlukan warga di setiap negara (berdasarkan kurs masing-masing) untuk membeli produk. 

Dikutip dari berbagai sumber oleh MNC Portal Indonesia, berikut negara mayoritas muslim terkaya di dunia : 

1. Uni Emirat Arab (UEA)

Minyak dan gas merupakan penyumbang terbesar Uni Emirat Arab di mana sekitar 25 persen dari PDB sebesar 48.222 dolar AS untuk 2011. Di dalam negeri, ekspor minyak bumi dan gas alam memegang peranan penting dalam perekonomian khususnya di Abu Dhabi. 

Tidak hanya itu, ledakan konstruksi raksasa dan perluasan basis manufaktur turut membantu negara itu mendiversifikasi ekonominya.

2. Brunei Darussalam

Negara ini memiliki PDB per kapita sekitar 50.506 dolar AS untuk 2010. Kekayaan negara ini didukung oleh ladang minyak dan gas alamnya yang luas.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.