get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Agama di Indonesia ada 6, Berikut Tempat Ibadah, Hari Raya, dan Kitabnya

Rabu, 21 September 2022 | 14:17 WIB
header img
Ilustrasi Agama di Indonesia. (Foto: Istimewa)

3. Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan berkembang di masa penjajahan Belanda dengan pesat seiring dengan datangnya para misionaris dari Eropa. Kitab suci agama Kristen Protestan adalah Injil dan tempat ibadah umat adalah gereja.

Selain itu, hari besarnya adalah Hari Natal yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 25 Desember. Agama Kristen Protestan menjadi agama dengan persentase pemeluk di Indonesia mencapai 6,9 persen.

4. Budha

Agama Buddha masuk ke Indonesia beberapa tahun kemudian setelah masuknya agama Hindu yang dibawa oleh para pedagang dari India. Pemuka agama Buddha disebut dengan Biksu untuk laki-laki dan Biksuni untuk perempuan.

Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka dan tempat ibadahnya adalah vihara. Hari raya umat Buddha adalah Waisak. Penganut agama Buddha di Indonesia sebesar 0,7 persen dari populasi.

5. Kristen Katolik

Agama di Indonesia selanjutnya adalah Kristen Katolik. Agama ini juga dibawa oleh para pedagang dari Portugis dengan kitab sucinya adalah Injil dan tempat ibadah adalah gereja.

Selain itu, hari raya umat Kristen Katolik adalah Hari Raya Natal yang diperingati setiap tanggal 25 Desember. Agama Kristen Katolik di Indonesia dianut oleh 2,9 persen populasi.

6. Konghucu

Agama Konghucu adalah agama yang berasal dari Tiongkok dan masuk ke Indonesia melalui para penduduk Tiongkok yang mengembara ke wilayah Indonesia.

Konghucu memiliki kitab bernama Shishu Wujing. Tempat ibadah umat Konghucu adalah di Klenteng/Litang dan hari raya besarnya adalah merayakan Hari Raya Imlek. Penganut agama Konghucu di Indonesia sebesar 0,05 persen.

Demikian 6 agama di Indonesia yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk jauhi larangannya dan patuhi kewajibannya ya!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut