get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

KKN Tematik Integratif Unsika di Desa Sindangmulya Berikan Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi

Jum'at, 16 September 2022 | 08:58 WIB
header img
Kelompok 92 KKN Unsika 2022 bersama Sekretaris Desa Sindangmulya. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - 24 mahasiswa lintas program studi dari Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) dibimbing dosen pembimbing lapangan Ibrahim ST.,MT melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik Integratif di Desa Sindangmulya, Kecamatan Kutawaluya, Karawang.

Kegiatan ini berlangsung dari 2 Agustus 2022 sampai 8 September 2022.

Salah seorang anggota KKN-92 Dita Meisya menuturkan tema kegiatan KKN kelompoknya adalah "Penerapan Model Akselerasi Transformasi Digital untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Desa Sindang Mulya, Kabupaten Karawang".

Desa Sindangmulya yang menjadi lokasi KKN merupakan desa yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4.127 jiwa, dengan rata-rata mata pencaharian utama petani. Untuk menambah pendapatan beberapa warga desa memutuskan untuk membuat usaha makanan. 

"Rangkaian agenda aktivitas berisi interaksi dan bimbingan sekaligus belajar bersama para pelaku UMKM," kata Dita dalam presrilisnya.

Melalui kegiatan KKN Tematik Integratif Unsika 2022, mahasiswa melakukan pengenalan wilayah, budaya, serta menjalin komunikasi dengan masyarakat Desa Sindangmulya terkait permasalahan yang ada di sekitar masyarakat dalam hal UMKM serta untuk mengenali potensi masyarakat. Melalui arahan dan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan, mahasiswa melakukan berbagai agenda kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Mahasiswa KKN yang bertugas dalam program ini mendapat kesempatan untuk mengidentifikasi permasalahan para pelaku UMKM di Desa Sindangmulya dan turut serta lebih dekat dalam kegiatan para pelaku UMKM dibantu oleh berbagai pihak Desa Setempat.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut