get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Mahasiswa Unsika KKN di Desa Baturaden, Ini Sederet Kegiatannya

Rabu, 14 September 2022 | 09:22 WIB
header img
Mahasiswa Unsika melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Baturaden. (Foto: ist)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Sejumlah mahasiswa Unsika melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Baturaden, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang sejak tanggal 3 sampai 30 Agustus 2022  dan penutupan pada 8 September 2022.

Kegiatan KKN tersebut dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL), H. Wahyudin. Dan kelompok yang diketuai oleh Muhammad Rizal Rifa’i telah menjalankan beberapa program kerja pada tiga bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang ekonomi dan bidang kesehatan. Program kerja yang dilaksanakan berkenaan dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Baturaden.

Melihat perkembangan saat ini yang semakin meningkat, tidak sedikit masyarakat yang kesulitan mendapatkan pekerjaan sehingga memilih jalan alternatif dengan memulai membuka usaha kecil-kecilan yang menghasilkan sebagai cara untuk bertahan hidup. Ide usaha yang menghasilkan untuk dipasarkan mungkin terdengar mudah, namun nyatanya sangat sulit terlebih melihat pasar saat ini yang sangat beragam. 

Melalui hasil observasi yang telah dilakukan oleh Mahasiswa KKN Unsika 2022 ke salah satu desa di Karawang yaitu Desa Baturaden, terdapat salah satu komoditi unggul yang banyak dijumpai di desa tersebut yaitu pohon kelapa. Menurut Sekdes Baturaden Jamal, pohon kelapa disini hanya dimanfaatkan/diperjual-belikan saat sudah matang saja.

Hal tersebut yang menjadi dasar Mahasiswa KKN Unsika 2022 untuk membuat ide peluang usaha dengan memanfaatkan bagian-bagian dari tumbuhan kelapa yang belum dipergunakan. Ketua Kelompok KKN Unsika 2022, M. Rizal mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan pengabdian ini guna meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui serangkaian program yang akan dilaksanakan di Desa Baturaden.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah guna meningkatkan taraf hidup masyarat Desa Baturaden,” ujar Rizal. 

Kelompok KKN Unsika 2022 ini terbagi menjadi 3 bidang dan masing-masing memiliki tujuan yang sama ialah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Baturaden. Bidang Pendidikan melakukan kegiatan penyuluhan dengan para siswa siswi SDN Baturaden 1, 2 dan 3 serta SMPN Satap Batujaya mengenai pemanfaatan dari tumbuhan kelapa yaitu limbah sabut kelapa untuk dijadikan Pot Bunga (Cocopot), kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan bagian tumbuhan kelapa selain buahnya yaitu limbah sabut kelapa. 

Bidang Ekonomi melakukan Sosialisasi mengenai pembuatan Keripik dari buah kelapa yang dinamai Kripatuden (Keripik Kelapa Baturaden) dengan para Ibu-Ibu PKK, kegiatan ini diawali ketika mengetahui bahwa pemanfaatan tumbuhan kelapa di sini hanya sampai memperjual-belikan buahnya saja, dengan ini kelompok kami tercetus ide membuat keripik berbahan dasar kelapa yang belum banyak dijumpai dan mendapatkan respon postif dari masyarakat, sehingga kedepannya dapat diproses lebih lanjut untuk dijadikan cemilan khas Desa Baturaden. 

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut