Logo Network
Network

Mahasiswa Unsika Ciptakan Buwset, Solusi Bungkus Wadah Ramah Lingkungan

Faizol Yuhri
.
Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:54 WIB
Mahasiswa Unsika Ciptakan Buwset, Solusi Bungkus Wadah Ramah Lingkungan
Mahasiswa Unsika berhasil menyabet gelar juara 3 Business Plan Competition dalam ajang Unsika National Inovation Challenge (UNIC) Tahun 2022. (Foto: Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Mahasiswa Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) berhasil menyabet gelar juara 3 Business Plan Competition dalam ajang Unsika National Inovation Challenge (UNIC) Tahun 2022.

Melalui ajang tersebut, tim Mahasiswa Unsika berhasil menciptakan Buwset (Bungkus Wadah Sehat) yaitu eco styrofoam sebagai pengganti styrofoam yang ramah lingkungan, berbahan dasar dari jerami padi dan tongkol jagung.  

Tim mahasiswa yang terdiri dari Indra Lesmana Saepurohman (Agroteknologi), Noman Budi (Agribisnis), Annisa Dwi Rahayu Fitrianingtyas (Agroteknologi), Nurbaeti Hasanah (Agribisnis), dan Shisca Septiani (Akuntansi), mampu menjawab permasalahan lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah styrofoam dengan menciptakan eco styrofoam Buwset. 

"Kami menciptakan produk ini dengan latar belakang banyaknya sampah yang berasal dari Styrofoam, yang menimbulkan pencemaran lingkungan baik di sekitar perumahan, sungai maupun laut. Selain itu penggunaan Styrofoam sebagai wadah makanan dinilai kurang baik bagi Kesehatan. Diharapkan dengan adanya produk Buwset ini mampu menjadi solusi penggunaan wadah makanan yang sehat sekaligus untuk menurunkan volume sampah anorganik di Indonesia," kata ketua tim sekaligus mahasiswa Fakultas Pertanian Unsika, Indra Lesmana Saepurohman.

Di tempat yang sama, dosen pembimbing tim, Rommy Andhika Laksono, menyampaikan Buwset merupakan suatu produk yang inovatif, solutif, dan ramah lingkungan karena berasal dari pemanfaatan limbah jerami padi dan tongkol jagung.

"Bahan baku ini lebih mudah terurai di tanah, karena kedua bahan baku tersebut merupakan biopolymer yang berasal dari biomassa. Hadirnya Buwset  merupakan salah satu contoh peran perguruan tinggi bagi masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan Kesehatan demi kehidupan masyarakat yang lebih baik," tutupnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini