Logo Network
Network

Kelompok KKN 103 Unsika Beri Pelatihan Ecobrick ke Murid SDN Telukbuyung II

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:14 WIB
Kelompok KKN 103 Unsika Beri Pelatihan Ecobrick ke Murid SDN Telukbuyung II
Kelompok KKN 103 dari Mahasiswa UNSIKA memberikan pelatihan EcoBrick kepada murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Telukbuyung II, Desa Telukbuyung. (Foto: Iqbal)

KARAWANG, iNewsKarawang.id -  Kelompok KKN 103 dari Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) memberikan pelatihan EcoBrick kepada murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Telukbuyung II, Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang. 

Ketua Koordinator Pelatihan EcoBricks, Fajar mengatakan bahwa, pada kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu, 17 September 2022 tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan baru kepada murid SDN Telukbuyung II tentang EcoBrick yang dinilai mampu untuk memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik

"Menimbulkan kesadaran sejak dini terhadap lingkungan yang terlihat memburuk akibat banyaknya sampah plastik dan turut untuk ikut mengurangi sampah plastik tersebut dengan cara mendaur ulangnya dengan mudah menggunaan sampah yang ada di sekitar dan para siswa-siswi juga antusias mengikuti pelatihan ini," ungkap Fajar.

Kemudian, melihat antusiasme murid yang luar biasa dengan ada pelatihan EcoBrick tersebut, Ketua Kelompok KKN 103, Muhammad Rafi menilai pelatihan EcoBricks ini sejalan dengan kegiatan sekolah. 

"banyak manfaatnya, selain memanfaatkan barang bekas, ecobrick sendiri bisa mengasah kreativitas siswa. Dan saya berharap kegiatan ecobrick ini bisa terus berjalan dan bisa diaplikasikan dirumah masing-masing siswa untuk menjadi contoh mengurangi sampah botol dan plastik yang ada disekitar SD maupun di lingkungan sekitarnya khususnya wilayah Telukbuyung," tuturnya.

Sementara itu, Kepala SDN Telukbuyung II, Lala Komala mengapresiasi kegiatan pelatihan EcoBrick dari kelompok KKN 103 dari Mahasiwa Unsika. 

"Kegiatan ini sangat bagus untuk dipelajari oleh siswa-siswi atau generasi baru karena ini merupakan cara untuk mengurangi sampah dengan proses daur ulang yang ramah lingkungan dan tidak menghabiskan biaya tinggi, dengan di adakannya kegiatan pembuatan ecobrick ini, diharapkan siswa-siswi SDN Telukbuyung 2 yang telah dibimbing untuk membuat ecobrick ini dapat menjadi penggerak untuk memanfaatkan sampah plastik menjadi bernilai seni yang tinggi," pungkasnya.

Dalam Program Kerja (Proker) Kelompak KKN 103 Unsika ini, selain melakukan kegiatan pelatihan EcoBricks di SDN Telukbuyung II, ada juga kegiatan Sosialisasi mengenai penggunaan alat penjernih air yang dibuat oleh Kelompok KKN 103 di Masjid Al-Furqon, Desa Telukbuyung, Karawang pada Sabtu (1/10/2022).

Dosen Pembimbing KKN 103, Vera Pangni Fahriani menuturkan bahwa, menurutnya program-program dari anak didiknya tersebut memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, mengingat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta perlunya sumber air bersih.

"Kegiatan sosialisasi tentang penjernihan air dan Pelatihan Ecobricks ini sangat penting karena dapat memberikan informasi sekaligus penyuluhan terhadap pentingnya air bersih dan menjaga kebersihan lingkungan. Dan dengan adanya alat penjernihan air kami berharap warga dapat memanfaatkan air yang lebih  bersih dan jernih," tutur Dosen Pembimbing KKN 103, Vera Pangni Fahriani.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.