get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Simak Manfaat Seledri Bagi Penderita Diabetes! Salah Satunya Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:17 WIB
header img
Ilustrasi Seledri. (Foto: Vegetables)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai manfaat seledri bagi penderita diabetes. Seledri atau dengan nama latin “Apium Graveolens” merupakan sayuran daun sekaligus tumbuhan obat yang dapat membantu berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit diabetes. Khasiat seledri diperoleh dari batang seledri.

Batang seledri kaya akan serat dan antioksidan, tetapi mengandung kalori, karbohidrat, dan indeks glikemik yang rendah. Kandungan gizi ini penting bagi diabetesi (penderita diabetes) yang sedang mengontrol penyakit metaboliknya. Mengapa?

Yuk, cari tahu alasannya lewat ulasan soal manfaat seledri untuk diabetes berikut seperti dilansir dari KlikDokter.

Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Diabetesi tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Pasalnya, gangguan metabolik menyebabkan penderita diabetes mudah mengalami lonjakan kadar gula darah (glukosa).

Hal ini karena tubuh diabetes tidak mampu memproduksi ataupun merespons hormon insulin sebagaimana mestinya. Insulin adalah hormon yang diperlukan sel tubuh untuk membantu menyerap dan mengubah glukosa menjadi energi. Ketika insulin tidak diproduksi ataupun direspons secara normal, peningkatan gula darah pun terjadi.

Agar gula darah tetap stabil, pengidap diabetes perlu mengonsumsi asupan dengan indeks glikemik (GI) rendah. Menurut Kemenkes RI, indeks glikemik adalah indikator kecepatan unsur karbohidrat suatu bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, seledri merupakan sayuran berindeks glikemik rendah. “Artinya, seledri bisa membantu menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh,” paparnya.

Makanan berindeks glikemik rendah memiliki rentang GI antara 0-55. Indeks glikemik seledri sendiri adalah 15. Seledri juga mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil. 

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, di dalam 100 gram seledri, atau setara dua batang seledri, terkandung 4,6 gram karbohidrat.

Minimnya jumlah karbohidrat dan rendahnya indeks glikemik seledri menyebabkan batang tanaman ini aman dikonsumsi diabetesi. Ini karena ketika dimakan, batang seledri tidak memicu kenaikan gula darah.

Manfaat batang seledri dalam membantu mengontrol gula darah juga berasal dari kandungan serat di dalamnya. Masih mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, di dalam dua batang seledri terkandung 2 gram serat.

Tingginya serat dalam batang seledri bermanfaat memperlambat proses pencernaan, menunda penyerapan gula darah, serta membantu menstabilkan kadar gula darah diabetesi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Obesitas dan diabetes merupakan dua penyakit yang berkaitan erat. Menurut Diabetes UK, obesitas diyakini meningkatkan risiko terjangkit diabetes tipe 2 sebesar 80-85 persen.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut