Logo Network
Network

Deretan Buah-buahan Rendah Gula yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

Vivin Lizetha , Okezone
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:32 WIB
Deretan Buah-buahan Rendah Gula yang Cocok Bagi Penderita Diabetes
(7 Jenis Buah Rendah Gula yang Aman untuk Diabetes, Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai buah rendah gula yang cocok bagi penderita diabetes. Hal ini lantaran para penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi makanan yang memiliki kadar gula tinggi.

Pasalnya, makanan dengan kadar gula tinggi, akan semakin memperparah penyakit tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk memahami makanan apa saja yang mengandung banyak gula. Tidak hanya makanan olahan, buah-buahan bahkan ada yang memiliki kadar gula tinggi. Tentu akan sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ada 7 buah rendah gula yang cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes menurut Healthline. Simak ulasannya untuk Anda.

1. Jeruk

Selain memiliki indeks glycaemic yang rendah, jeruk juga diperkaya vitamin C dan rendah kalori yang ampuh untuk membantu para pengidap diabetes melawan keinginan menyantap makanan bercita rasa manis.

2. Cranberry

Sudah menjadi rahasia umum semua jenis buah beri mengandung anioksidan dan serat yang sangat tinggi. Kabar baiknya, buah ini memiliki kadar gula yang sangat rendah sehingga dapat membntu Anda mengontrol . Selain itu, cranberry juga sangat ampuh untuk mencegah kambuhnya UTI, suatu gejala yang sering dialami para penderita diabetes.

3. Semangka

Anda tentu sudah mengetahui bahwa 95% kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tersebut adalah air. Dengan kandungan tersebut, buah ini dapat membantu para diabetes dalam mengurangi rasa lapar. Singkatnya, konsumsi semangka secara rutin dapat menjaga kadar gula di dalam tubuh Anda.

4. Kiwi

Para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah berbentuk mungil ini. Kiwi diketahui mengandung kadar gula yang sangat rendah, serta ampuh dalam menjaga fungsi tubuh dengan baik. Selain itu, buah tersebut juga kaya akan vitamin C dan serat yang dipercaya ampuh untuk mencegah penyakit diabetes.

5. Delima

Selain buah berri, delima juga diketahui mengandung antioksidan dan zat besi yang cukup tinggi. Buah ini dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit berbahaya termasuk diabetes karena dapat membantu mengurangi kadar gula di dalam darah.

6. Apel

Masih ingatkah Anda dengan pepatah, "Konsumsi sebuah apel seriap hari, dapat menghindari Anda dari dokter"? Kalimat tersebut sebetulnya hendak menggambarkan bahwa apel mengandung nutrisi esensial yang dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit berbahaya, termasuk diabetes.

7. Jambu Air

Buah ini paling sering ditemukan berjatuhan di pekarangan rumah. Padahal khasiat sangat luar biasa lho! Kandungan airnya sangat tinggi. Selain itu senyawa alkaloid jambu air dapat menghalangi dan mengatur konversi pati menjadi gula di dalam tubuh. Daunnya pun juga dapat digunakan untuk pengobatan tradisional melawan diabetes.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini