Logo Network
Network

Do'a Beserta Adab Masuk Kamar Mandi Sesuai Anjuran Rasulullah

Kastolani Marzuki/net Jakarta
.
Senin, 22 Agustus 2022 | 08:09 WIB
Do'a Beserta Adab Masuk Kamar Mandi Sesuai Anjuran Rasulullah
Kegiatan apapun jika kita niatkan dengan benar, maka akan bernilai ibadah. Jika kita mengawalinya dengan doa, maka inysa Allah hal tersebut akan dicatat sebagai amal ibadah. Tanpa terkecuali, saat kita akan buang air ke kamar mandi (WC/ Tolitet).

JAKARTA, iNews.id - Doa masuk kamar mandi dianjurkan diamalkan tiap Muslim agar terhindar dari godaan setan. Sebab, kamar mandi merupakan tempat kotor dan paling disukai setan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa iblis ingin memiliki tempat tinggal, seperti Adam As yang tinggal di bumi. "Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,’’ kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).’’ (HR Bukhari).

Karena itu, sebelum masuk ke kamar mandi atau toilet untuk buang air kecil maupun air besar, Muslim dianjurkan untuk membaca doa.

Berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi bertujuan agar kita terhindar dari godaan setan, baik setan laki-laki maupun setan perempuan. Berikut bacaan doa masuk kamar mandi sesuai sunah Rasulullah SAW:

 Doa Masuk Kamar Mandi atau WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”.

Selain membaca doa masuk kamar mandi, Muslim juga perlu memerhatikan adab-adab masuk ke kamar mandi atau toilet.

Berikut adab-adab yang perlu dilakukan dikutip dari pecihitam.org:

1. Jika masuk ke kamar mandi hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ agar ketika didalam kamar mandi terhindar dari gangguan jin

2. Masuk Dahulukan Kaki Kiri.

Dalam aturan syariat Islam, ada aturan baku bahwa setiap perkara yang baik dan mulia maka umat muslim dianjurkan untuk mendahulukan yang kanan baik itu tangan maupun kaki atau perkara lainnya. Seperti membawa Alquran, makan, masuk rumah, masuk masjid dll.

Sedangkan apabila perkara itu hal yang sebaliknya atau perkara yang kurang baik, maka dianjurkan mendahulukan yang kiri, di antaranya ketika hendak masuk kamar mandi atau WC. Hal itu dikarenakan kamar mandi atau WC biasanya difungsikan untuk hal-hal yang kotor, maka dianjurkan mendahulukan kaki kiri ketika memasukinya.

3. Membaca Basmalah dan Doa Ketika Masuk Kamar Mandi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam at Tizmidzi dari sayyidina Ali, disebutkan bahwa membaca basmalah ketika masuk kamar mandi dapat mencegah dari pandangan jin. Bahwasanya Rasulullah Saw bersabda;

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

Artinya; “Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki kamar mandi, lalu dia mengucapkan “bismillah”.

4. Tidak Membawa Benda yang Berisi Nama Allah atau Kalimat Alquran.

Asma Allah dan Alquran tidak boleh dibawa ke kamar mandi atau WC, sebab sebagai umat Islam kita diperintahkan untuk mengagungkan dan menjaga nama Allah maupun Alquran untuk tidak dibawa ke tempat yang kotor dan tidak semestinya.

Nabi Muhammad Saw ketika hendak masuk kamar mandi meletakkan cincin yang bertuliskan ‘Muhammad Rasulullah’, hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata;

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ وَضَعَ خَاتَمَهُ

Artinya: “Nabi Saw ketika memasuki kamar mandi, beliau meletakkan cincinnya.”

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini