get app
inews
Aa Read Next : Panglima  TNI Lakukan Mutasi 9 Danrem, Ini Daftar Namanya! 

HUT Ke-77 RI, Langit di Istana Merdeka Dihiasi Atraksi Pesawat Tempur F-16! Bentuk Formasi 77

Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:19 WIB
header img
Tangkapan layar media sosial. (Foto: ist)

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022), belasan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon melakukan atraksi udara dan flypast  di langit Istana Merdeka Jakarta. 

Dalam atraksi itu setidaknya ada 14 pesawat tempur yang melintas di langit Istana Merdeka Jakarta. Kemudian pesawat tempur membentuk formasi angka 77. Keterangan ini berdasarkan pantauan MNC Portal di lapangan,

Pada kesempatan itu warga yang menonton upacara di luar Istana Merdeka, bersorai ketika pesawat melintas. Sebagian warga pun mendokumentasikan atraksi tersebut. Diketahui, atraksi tersebut ditampilkan oleh pasukan Garuda Flight dan Nusantara Flight.

Garuda Flight melintas di atas Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta membentuk angka 77 dengan kecepatan 300 kta pada ketinggian 2000 ft.

Sementara Nusantara Flight, terbang pada ketinggian 200 ft membawa bendera merah putih ukuran raksasa seberat 1,3 ton.

Sebelumnya, puluhan pesawat itu telah melakukan geladi kotor demo udara Garuda Flight dan Nusantara Flight di apron selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Puluhan pesawat, terdiri dari F-16 TNI AU dan Helikopter TNI - Polri, nampak berderet rapi membentuk formasi Elephant Walk, di landasan pacu Halim Perdanakusuma.

Elephant Walk, istilah yang dipopulerkan USAF untuk menggambarkan iringan pesawat berbaris rapat menuju landasan pacu sesaat sebelum take off.

Elephant Walk pesawat tempur F-16 TNI AU dan Helikopter TNI - Polri di Halim Perdanakusuma, bukan sekadar show of force, tapi dimaksudkan untuk menggambarkan kesiapan armada udara dalam pelaksanaan demo udara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut