get app
inews
Aa Read Next : Jamur Berbahaya Tumbuh di Lambung Kapal, Ratusan Penumpang Kapal Pesiar Terdampar

Tidak Sengaja Telan Jarum Pentul, berikut Cara Penanganannya

Kamis, 07 Juli 2022 | 13:33 WIB
header img
Jarum pentul berbahaya jika tertelan (Foto: Fabric UK)

JAKARTA, iNews.id - Seorang gadis asal Depok tak sengaja menelan jarum pentul, saat mau memakai hijab. Para dokter dari RSUP Persahabatan berhasil mengeluarkan jarum pentul dari saluran napas si gadis.

Oleh karena itu, semua wanita harus waspada. Jangan menggigit jarum pentul di mulut saat mau memakai hijab. Sangat berbahaya risikonya.

Seperti dilansir dari Very Well Healt, jika tak sengaja menelan jarum pentul satu-satunya cara hanya pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Dokter akan melakukan evaluasi medis yang mencakup pemeriksaan fisik serta tes pencitraan seperti sinar-X atau CT scan. Ini akan membantu mereka memastikan bahwa suatu benda telah tertelan, menentukan seberapa jauh benda tersebut telah melakukan perjalanan di saluran GI, dan apakah itu menyebabkan penyumbatan. Tes ini juga dapat membantu dokter lebih memahami ukuran dan bentuk objek, yang membantu mereka memutuskan langkah selanjutnya.

Jika jarum pentul masih di saluran pencernaan bagian atas biasanya dilakukan endoskopi dari mulut. Dan jika ada di saluran pencernaan bagian bawah biasanya dilakukan endoskopi dari lubang anus.

Namun jika ternyata jarum ada di saluran pernapasan, dan sudah masuk ke paru-paru, bagian bronkus bawah. Maka jarum bisa diambil dengan prosedur bronkoskopi dari dalam mulut.

Jarum diambil dengan bagian tajam menghadap ke atas. Nah, prosedur ini tak membutuhkan pembedahan.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi jika tidak segera dilakukan tindakan medis adalah perdarahan akibat luka benda tajam. Oleh karena itu hati-hatilah, jangan mengigit jarum di mulut saat mau pakai hijab!

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut