get app
inews
Aa Read Next : Peristiwa Unik dan Aneh! Pria India dan Seekor Ular Saling Gigit, tapi Ularnya yang Mati

Bocah 10 Tahun Jatuh di Sumur Bor Sedalam 24 Meter Berhasil Diselamatkan

Kamis, 16 Juni 2022 | 07:54 WIB
header img
Penyelamatan bocah disabilitas usai jatuh ke sumur. (Foto: Twitter)

Seorang penyandang disabilitas berusia 10 tahun dari distrik Janjgir-Champa, India yang jatuh ke sumur bor sedalam 80 kaki pada Jumat( 10/6/2022), setelah dilakukan operasi penyelamatan yang berlangsung secara dramatis sekira 104 jam dan melibatkan sedikitnya 500 orang, Rahul Sahu,  akhirnya berhasil diselamatkan pada pada Selasa (14/6/2022).

Kemudian Rahul sekitar tengah malam pada Selasa (14/6/2022), dibawa keluar dari terowongan dengan tandu oleh anggota tim penyelamat. Lalu, dia dibawa ke Rumah Sakit Apollo di Bilaspur dengan ambulans, saat koridor hijau dibuat.

Kolektor Janjgir-Champa Jitendra Shukla setelah operasi penyelamatan mengatakan Ini adalah kemenangan kolektif bagi kita semua. Kondisi Rahul saat ini stabil dan akan diberi perawatan terbaik.

Shukla juga memuji Rahul untuk semangat juangnya dalam kondisi buruk. Dia mengungkapkan bahwa ada ular dan katak di sebelah bocah itu, sebuah fakta yang disembunyikan oleh pemerintah untuk mencegah kepanikan.

Kepala Menteri Bhupesh Baghel, yang memantau situasi dengan cermat selama empat hari terakhir, men-tweet bahwa harapan baik dan upaya tak kenal lelah dan komitmen oleh tim penyelamat telah menyebabkan keberhasilan operasi. Dia berharap Rahul cepat sembuh.

Dokter mengatakan mereka akan memantau dengan cermat anak laki-laki itu, yang, meskipun menunjukkan ketahanan saat operasi berlanjut, telah sangat melemah karena asupan makanan dan cairan yang terbatas. Paparan air dan lumpur yang terlalu lama di dalam sumur juga dapat menyebabkan beberapa masalah kulit.

Tim dari Angkatan Darat, Pasukan Nasional Penanggulangan Bencana, Pasukan Tanggap Bencana Negara, dan pemerintah daerah terlibat dalam operasi yang melihat penggalian lubang yang dalam sejajar dengan lubang tempat Rahul terjebak, dan menghubungkan keduanya melalui sebuah terowongan.

Namun, menggali lubang yang dalam di medan berbatu terus-menerus menimbulkan tantangan runtuhnya puing-puing. Tim juga harus meminta penduduk desa untuk terus menerus memompa air melalui sumur bor terdekat lainnya karena pengisian air tanah yang cepat dapat terbukti berbahaya pada kedalaman di mana Rahul terjebak.

Menurut tim penyelamat, setelah ekskavator melakukan pekerjaan mereka, tim darat, yang dilengkapi dengan mesin bor, turun tangan untuk menyelesaikan bagian terakhir terowongan sedalam 1,5 kaki (0,5) terakhir sangat menantang karena melibatkan penggalian melalui batu keras dan kesalahan apa pun dapat menyebabkan kecelakaan.

Para warga yang banyak berkumpul di tempat itu memuji para penyelamat atas upaya mereka.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut