get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Ribu Masyarakat Karawang Padati Jalan, Gemakan Sholawat dan Doa Bagi Warga Palestina

Disebut-Sebut 5 Negara Asia yang Mendukung Israel, Bikin FIFA Enggan Hukum Israel?

Selasa, 07 November 2023 | 08:46 WIB
header img
Berikut 5 negara yang dukung Israel. (Foto: Reuters)

JAKARTA-iNewsKarawang.id
Diketahui Israel mendapat sorotan besar dari publik dunia, termasuk Indonesia, karena konflik yang sedang terjadi dengan Palestina.

Terlebih tidak sedikit negara mengecam aksi Israel yang terus melancarkan serangan sehingga sudah menewaskan ribuan orang di Gaza.

Namun ada beberapa negara yang diketahi mendukung Israel. Apakah faktor ini juga yang turut membuat Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sampai saat ini belum menghukum Israel di dunia sepakbola?

Pasalnya, pada 2015, FIFA diketahui hampir memberi sanksi kepada Israel usai presiden Federasi Sepakbola Palestina, Jibril Rajoub, mengajukan protes karena tentara Israel melakukan intervensi kepada pesepakbola Palestina. Kala itu, tentara Israel diketahui membatasi aktivitas para pemain Palestina hingga klub-klub Palestina diatur harus bermain di wilayah mana oleh Israel.

Protes Jibril Rajoub pun dibahas dalam kongres FIFA yang diadakan di Zurich, Swiss, pada 29 Mei 2015. FIFA akhirnya melakukan voting untuk menentukan apakah Israel terkena hukuman atau tidak atas pelanggaran itu.

Namun, sebelum voting dilakukan, Jibril Rajoub tiba-tiba naik ke podium kongres. Ia mencabut tuntutan kepada Israel yang sebelumnya telah diajukan ke FIFA.

Dalam pengakuan Jibril Rajoub, ia mendapat bujukan dari puluhan federasi sepakbola dunia. Pasalnya, sejumlah presiden federasi itu tak mau Israel terkena sanksi FIFA. Apakah pernyataan Jibril Rajoub di atas yang membuat FIFA enggan memberikan hukuman kepada Israel sekarang-sekarang ini? Apalagi, sejumlah negara diketahui memberi dukungan ke Israel, termasuk dari Asia.

Lalu, siapa saja negara itu? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 negara Asia yang mendukung Israel.

1. Thailand

Terakhir, ada Thailand. Mereka jadi salah satu negara yang mengawali pengakuan terhadap Israel. Tepatnya, hal itu dilakukan Thailand pada 1954.

Kemudian, kedutaan besar dua negara ini mulai didirikan pada 1958. Hingga saat ini, Thailand masih menjadi negara yang menjalin hubungan dekat dengan Israel.

2. India

Lalu, ada India. Mereka bahkan menjadi negara pertama yang mengakui negara Israel. Tepatnya, hal itu dilakukan pada 1950.

Meski begitu, India berusaha menjaga keseimbangan dalam konflik Israel-Palestina. Mereka menyerukan solusi dua negara yang damai dan adil.

3. Filipina

Di urutan ketiga, ada Filipina. Dua negara ini telah menandatangani perjanjian persahabatan sejak 26 Februari 1958.

Bahkan, Rodrigo Duterte mencatatkan sejarah sebagai presiden pertama Filipina yang pernah menginjakkan kaki di Israel. Meski sudah bekerja sama sejak 1958, kedua negara ini baru membuka kedutaan besar pada 1962.

4. Singapura

Masih dari Asia Tenggara, ada Singapura. Mereka mengakui kedaulatan Israel sebagai sebuah negara sejak 1969.

Kemudian, kedua negara itu menjalin hubungan diplomatik sejak 1970. Sama seperti Vietnam, Singapura dan Israel memiliki kerja sama di sejumlah bindang, seperti pertahanan, perdagangan, teknologi, hingga pendidikan.

5. Vietnam

Salah satu negara Asia yang mendukung Israel adalah Vietnam. Mereka mengakui kedaulatan Israel sebagai negara sejak 1993.

Vietnam pun menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sejak 1994. Kedua negara itu pun terlibat kerja sama dalam sejumlah aspek, mulai dari perdagangan, investasi, pertanian, sains, teknologi, dan pendidikan. Meski begitu, terkait konflik Israel-Palestina, Vietnam turut menjadi negara yang mendukung solusi dua negara untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut