Anggota DPR RI dan Yayasan Batik Jawa Barat Apresiasi Batik Khas Karawang

Iqbal Maulana Bahtiar
Anggota DPR RI dan Yayasan Batik Jawa Barat Apresiasi Batik Khas Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pengurus Yayasan Batik Jawa Barat melakukan kunjungan ke Workshop Batik Putri Sanggabuana di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Senin (9/9/2024). 

Kunjungan ini dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat Sendi Dede Yusuf, Ketua Umum Asosiasi Pengrajin dan Pengusaha Batik Indonesia Dr. H. Komarudin Kudiya, M.Ds, Anggota DPR RI terpilih Cellica Nurrachadiana, serta pemilik Workshop Putri Sanggabuana Karawang, Herry Daryanto.

Ketum Yayasan Batik Jawa Barat, Sendi Dede Yusuf menyampaikan bahwa kunjungan kali ini untuk menjalin silaturahmi serta mempersiapkan Karawang sebagai lokasi uji coba Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan teknologi Nano Oksimic Micro Babel Generator (NOMBG). 

Lanjutnya, Uji coba ini direncanakan sebagai bagian dari perayaan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober mendatang.

"Karawang memiliki potensi besar dalam industri batik, sehingga dipilih sebagai lokasi pilot project alat ini," Ungkap Sendi.

Pemilik Workshop Putri Sanggabuana, Herry Daryanto, mengaku senang atas kunjungan Cellica Nurrachadiana beserta jajaran kepengurusan Yayasan Batik Jawa Barat tersebut.

Herry juga memaparkan bahwa Workshop Putri Sanggabuana telah menghasilkan 30 motif batik, di antaranya motif Sirung dan motif Padi Kendang yang menjadi ikon Karawang. 

Dengan hal tersebut, Ia juga berharap Kabupaten Karawang, yang lebih dikenal sebagai kota industri, dapat mengembangkan dalam industri batik.

"Kami ingin masyarakat Karawang semakin mengenal, menyukai, dan mencintai batik hingga muncul rasa memiliki terhadap warisan budaya ini,” Kata Herry.

Sementara itu, Cellica Nurrachadiana, anggota DPR RI terpilih yang juga mantan Bupati Karawang menyebut bahwa Batik Putri Sanggabuana dapat menjadi identitas khas Kabupaten Karawang. Ia juga mengapresiasi motif batik Karawang yang dinilai layak bersaing di pasar nasional.

Ia berharap motif-motif batik dari Karawang dapat dilestarikan dan menjadi warisan bagi generasi mendatang. 

"Alhamdulillah, Batik Putri Sanggabuana menjadi yang terbaik di Karawang. Mari kita jaga warisan leluhur ini bersama-sama," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network