15 Jabatan Kepala Desa di Karawang Kosong, Kok Bisa?

Iqbal Maulana Bahtiar
Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Pada DPM Desa Kabupaten Karawang, Andri Irawan (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ada sebanyak 15 jabatan Kepala Desa di Kabupaten Karawang kosong. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Kabupaten Karawang, Andri Irawan, Rabu,(26/6/2024).

Diungkapkan Andri, penyebab banyaknya kekosongan jabatan Kepala Desa di Kabupaten Karawang itu disebabkan oleh habisnya masa jabatan, Kepala Desa yang mengundurkan diri, dan meninggal dunia.

"Ada sekitar 15 Jabatan Kepala Desa yang kosong saat ini. Bukan sengaja dikosongkan, tapi, memang ada Kades yang mengundurkan diri, habis masa jabatan dan ada juga yang meninggal dunia," Jelas Andri.

Ia juga menyebutkan 15 Jabatan Kades yang kosong saat ini yakni; Desa Sarimulya, Cikampek utara, Kotabaru, Desa Cikampek Selatan, Desa Balongsari, Desa Jatisari , Desa Wanakerta, Desa Payungsari, Desa Cadaskertajaya, Desa Tanjungmekar, Desa Dawuan Barat, Desa Duren, Desa Karyamulya, Desa Kemiri, Desa Sukakerta, dan Desa Segara.

Dari kekosongan Jabatan Kades itu, kata Andri, tidak menggangu roda pemerintahan di Desa karena telah ditunjuk Penjabat Kepala Desanya. 

Dan tambahnya, secepatnya kekosongan jabatan tersebut akan segera diisi melalui Pilkades yang mengacu pada Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.3.5.5/244/SJ menerangkan bahwa pelaksanaan Pilkades di seluruh Indonesia dilaksanakan setalah Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Insyaallah secepatnya, kita tinggal menunggu arahan dari Mendagri terkait pelaksanaan Pilkades tersebut," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network