DPKP Gelontorkan 6,4 Miliar untuk Revitalisasi Jalan Usaha Tani dan Jaringan Irigasi Tersier

Iqbal Maulana Bahtiar
DPKP Gelontorkan 6,4 Miliar untuk Revitalisasi Jalan Usaha Tani dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (Foto : Istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang anggarkan Rp.6,4 Miliar untuk revitalisasi jalan usaha tani (JUT) dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT) di Kabupaten Karawang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian pada DPKP Karawang Encep Supriadi, Jumat,(14/6/2024).

Dikatakan Encep, anggaran sebesar Rp.6,4 Miliar itu akan digunakan untuk revitalisasi JUT dan RJIT di 36 titik di Kabupaten Karawang. Dengan rincian; 24 titik JUT dan 12 titik RJIT.

"Tepatnya dititik wilayah yang rawan kekeringan dan kondisi japannya memang rusak parah. Untuk anggarannya sendiri variatif, mulai dari Rp.100-140jt," Ungkap Encep.

Tambahnya, Revitalisasi JUT dan RJIT tahun ini diantaranya merupakan dari Pokok pikiran DPRD karawang 17 titik, hasil Musrenbang 13 titik dan alokasi dinas sebanyak 6 titik.

Ia juga berharap, Dengan revitalisasi JUT dan RJIR ini akan mempermudah akses alsintan menjangkau areal persawahan serta meningkatkan partisipasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)/Gabungan (GP3A)/Kelompok Tani (Poktan)/Gabungan Poktan dalam pengelolaan jaringan irigasi. 

"Jalan pertanian ini akan memutus cost produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani. Dan diharapkan kondisi infrastruktur jaringan dapat ditingkatkan, sehingga mampu meningkatkan fungsi layanan irigasi, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas lahan," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network