Nyatakan Siap Nyabup, KASN Minta Sekda Acep Jamhuri Mundur dari ASN Saat Penetapan Calon

Iqbal Maulana Bahtiar
Netralitas ASN (Foto : Ilustrasi)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dikabarkan bakal maju sebagai Bakal Calon Bupati Karawang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN ) RI minta Sekda Kabupaten Karawang Acep Jamhuri mundur sebagai ASN saat penetapan calon.

Hal itu diungkapkan Assisten Komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN ) RI Bidang NKK Agustinus Sulistyo saat menghadiri agenda sosialisasi netralitas ASN jelang Pilkada 2024, dilantai 3 gedung Bupati Karawang, senin (29/4/2024).

"Sesuai UU 20 tahun 2023 pasal 56 beliau ( Sekda Acep-red) wajib mundur secara tertulis pada saat penetapan calon, wajib mundur sebagai ASN nya," Ungkap Agustinus, senin (29/4/2024). 

Selain itu, Ia juga memperingatkan Sekda Karawang itu agar tidak melakukan kegiatan kedinasan jika ingin mencalonkan diri sebagai Bacabup Karawang. Sebagaimana yang tercantum dalam PP 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS. 

"Harus hati-hati, Itu bahaya, bisa merusak netralitas asn jika menyisipkan bumbu kampanye saat melaksanakan kegiatan kedinasan," Tegasnya.

Dan oleh sebab itu, kata dia, bukan hanya Acep Jamhuri, bilamana diketahui ada asn tidak netral, Masyarakat dapat melaporkan hal tersebut kepada pihaknya.

"Silhkan laporkan ke KASN atau ke Bawaslu atau Inspektorat atau ke BKPSDM. Tapi harus dilengkapi dengan penjelasnnya, ada buktinya, kronologinya seperti apa, siapa yang melanggar, sehingga kami punya data dan fakta yang klik bahwa ini benar-benar pelanggaran ASN", katanya. 

Dengan semakin dekatnya Pilkada 2024, Agustinus juga berharap ASN Karawang tetap netral apapun godaannya.

"Menjaga netralitas itu menjaga integritas kita sebagai ASN, yang tujuan akhirnya itu ASN supaya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa harus dibebani dengan kepentingan-kepentingan tertentu  " Ucapnya. 

"Nah nanti yang untung masyarakat juga, ini sebenarnya tujuan kami melaksanakan fungsi kebijakan, pelayan kebijakan, itu yang harus dilandasi integritas dan Netralitas," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network