Mengenal Sosok Kapolsek Lemahabang, Ipda Herawati di Hari Perempuan Sedunia

Iqbal Maulana Bahtiar
Kapolsek Lemahabang, Ipda Herawati (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Peringatan hari perempuan seduna jatuh pada hari ini, tepatnya 8 Maret 2024. Pada peringatan hari perempuan sedunia atau Internasional Women Day 2024 ini mengusung tema "Invest in women: Accelerate progress" atau yang dalam bahasa Indonesia berarti "Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat kemajuan".

Dari tema IWD tahun 2024 ini cukup mengandung arti makna yang melekat pada situasi aktual saat ini. Dimana tujuannya agar memberikan inspirasi bagi orang lain untuk memahami dan menghargai inklusi perempuan. 

Di Karawang sendiri, meskipun banyak tokoh pria yang karirnya melejit, masih ada juga sosok perempuan yang menduduki posisi jabatan tinggi dan pengabdiannya terhadap masyarakat serta kaum wanita tidak bisa dipandang sebelah mata, salah satunya Kapolsek Lemahabang Ipda Herawati.

Mengawali karir di dunia kepolisian Republik Indonesia pada tahun 1992, Hera memulai karirnya di satuan Polda Jawa Barat. Hingga kemudian, di tahun 2023, Ia diberikan kepercayaan menjadi Kapolsek dan menjadikannya seorang Kapolsek perempuan satu-satunya di Karawang saat ini.

Ditemui di Polsek Lemahabang, Kabupaten Karawang, Ipda Herawati mengatakan jika, Menjadi Kapolsek sekaligus seorang ibu bukan lah tugas mudah. Apalagi, harus bertarung dengan rasa keibuannya melihat sang anak yang tumbuh dewasa tanpa didampingi penuh oleh sosok ibu.

Meskipun harus mengorbankan waktu untuk anak dan keluarganya, Perempuan kelahiran asli Karawang itu tetap menjalankan tugas sebagai Polwan kala itu, hingga akhirnya menjadi Kapolsek Lemahabang Kabupaten Karawang.

Dalam perjalanannya, Hera menceritakan bukan hal mudah dalam menjalankan tugas sebagai Kapolsek Lemahabang. Selain harus beradaptasi di wilayah yang menurutnya baru, Ia juga harus memberikan kepercayaan penuh terhadap masyarakat sekitar bahwa sosok Kapolsek perempuan bukan lah hal yang buruk, sebab kaum perempuan pun mampu menjalankan tugas selayaknya kaum laki-laki.

"Enggak mudah, soal kepercayaan masyarakat saat kita menjalankan tugas, itu menjadi sorotan mereka (Masyarakat). Apalagi, kita perempuan," Ungkap Hera kepada Reporter iNewskarawang.id, Jumat,(8/3/2024).

Namun, dengan kepercayaan diri serta kegigihannya Ia mampu meyakinkan masyarakat serta atasannya bahwa seorang wanita pun layak mendapat posisi pekerjaan sebagaimana layaknya laki-laki.

"Alhamdulillah, menjadi polwan juga memiliki kelebihannya tersendiri. Masyarakat bisa lebih terayomi karena polisi wanita biasanya memiliki sisi keibuan ditambah lagi, Polwan bisa lebih persuasif dalam pendekatan kepada masyarakat, itu kelebihan menurut saya," katanya. 

Di hari perempuan sedunia ini, Ia juga menyampaikan kepada seluruh perempuan, khususnya di Karawang agar tidak merasa lemah dan tidak mampu dalam mengerjakan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh para lelaki dan harus percaya diri bahwa kaum perempuan pun mampu.

"Selamat hari perempuan sedunia, sebagai perempuan kita harus ikut berinvestasi dan berpartisipasi dalam kemajuan bangsa dalam bidang masing-masing dan kemampuan masing-masing. Jangan takut memulai, percaya akan kemampuan kita dan yakin kita sebagai perempuan mampu mengerjakan pekerjaan setara dengan kaum laki-laki," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network