Seribu Guru PAI Belum Tersertifikasi Profesional, Kemenag Kewalahan, Minta Bantuan APBD Tahun Depan

Iqbal Maulana Bahtiar
Kasi PAI Kemenag Karawang, Edi Junaedi (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sebanyak 1092 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Karawang belum tersertifikasi guru profesional. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Karawang H. Sopian melalui Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Edi Junaedi, Kamis,(7/12/2023).

Dikatakan Edi, dari total keseluruhan guru PAI di Karawang yang mencapai 1870 guru, baru 778 guru yang sudah sertifikasi guru profesional.

"778 guru PAI yang sudah sertifikasi itu dari guru PAI TK,SD,SMP hingga SMA/SMK. Masih ada 1092 guru PAI lagi di Karawang yang belum tersertifikasi," kata Edi, Kamis,(7/12/2023).

Selain itu, Edi juga mengatakan jika ditahun 2023 ini ada sekitar 704 guru PAI yang sudah mengajukan PPG (pendidikan profesi guru) untuk mendapatkan sertifikasi guru PAI

Akan tetapi, karena keterbatasan anggaran dan hanya mengandalkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Kemenag Pusat, diprediksi 704 guru PAI yang mengajukan PPG itu akan baru selesai ditahun 2030

"Sudah ada yang mengajukan PPG PAI juga, sekitar 704 guru. Tapi, karena kita keterbatasan anggaran, dari 704 itu paling cepat selesai di tahun 2030,"  Jelas Edi.

Masih kata Edi, Ia juga mengatakan jika proses tersebut bisa dipercepat jika Pemerintah Daerah ikut serta dalam percepatan dan pemerataan sertifikasi guru PAI di Karawang. 

Sebab, Lanjut Edi, dalam keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam nomor 2251 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, pemerintah daerah dilibatkan dalam percepatan dan pemerataan sertifikasi guru PAI.

"Belum, kita masih dari APBN. Makannya kemarin kita mengajukan ke DPRD dan Sekretariat Daerah Karawang untuk meminta bantuan dalam pemerataan sertifikasi guru PAI di Karawang," kata Edi.

"Kembali lagi kepada kebijakan pimpinan (Bupati Karawang), Ya semoga saja hal itu bisa terealisasi di tahun 2024 nanti, dan guru PAI di Karawang bisa terbantu dengan adanya insentif dari sertifikasi tersebut," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network