3 Pidato Soekarno Tentang Pancasila Digaungkan di Forum Nasional hingga Internasional

Romensy August/Boby
Presiden Soekarno atau biasa dipanggil Bung Karno (Foto: Istimewa/Okezone)

Susi Susanti, , Okezone Kamis 01 Juni 2023 05:01 WIB

 

JAKARTA,iNewskarawang.id - Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa acapkali digaungkan oleh

para tokoh bangsa. Salah satunya adalah Presiden Soekarno yang merupakan sosok yang tak pernah absen memperkenalkan Pancasila kepada negara-negara lain.

 

Begini pernyataan Soekarno tentang Pancasila yang ia sampaikan dalam berbagai forum dan kesempatan yang diolah dari berbagai sumber.

 

1. Konferensi Asia Afrika 1955

 

Konferensi Asia Afrika (KAA) menjadi momen besar yang dilewati oleh Indonesia. Pada kesempatan ini, Bung Karno tak lupa menyematkan semangat persatuan dalam Pancasila di pidatonya itu.

 

“Indonesia adalah Asia-Afrika dalam bentuk kecil. Indonesia suatu negeri yang mempunyai berbagai-bagai agama dan keyakinan. Di Indonesia terdapat Muslimin, orang-orang Kristen, pengikut agama Siwa Buddha dan orang orang dengan kepercayaan lain. Kecuali itu kami dapati banyak golongan-golongan suku-bangsa, seperti misalnya suku bangsa Aceh, Batak, Sumatra-Tengah, Sunda, Jawa-Tengah, Madura, Toraja, Bali, Ambon, dan lain-lain,” terangnya.

 

2. Sidang BPUPKI 1 Juni 1945

 

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) diketahui menggelar sidang pertamanya pada 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Di hari terakhir sidang itulah, Bung Karno menyampaikan pidatonya dan mengajukan rumusan Panca Sila.

 

3. Sidang Umum PBB 1960

 

Pidato Bung Karno dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 30 September 1960 dianggap cukup menggemparkan dunia. Pidato ini berjudul ‘To Build the World A New’ atau Membangun Dunia Kembali.

 

Melansir laman resmi Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dalam sidang ini Bung Karno mengutarakan konsep Pancasila yang merupakan inti peradaban di Indonesia.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network