Jika Ditunjuk Sebagai Pelatih Timnas U-17 di Piala Dunia 2023 Ada 3 Keuntungan ShinTae-yong

Maulana Yusuf/Erwin
Shin Tae-yong kala mendampingi Timnas Indonesia berlaga. (Foto: AFC)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam artikel ini akan dibahas 3 keuntungan Shin Tae-yong jika ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Banyak spekulasi yang beredar bahwa Indonesia berpotensi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Rumor itu mencuat setelah FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember. Dengan begitu, FIFA sedang mencari tuan rumah baru yang siap untuk menyelenggarakan turnamen ini.

FIFA menyebut bahwa mereka akan segera menggelar rapat dengan instansi-instansi terkait untuk menentukan siapa tuan rumah baru pengganti Peru. Alhasil, beredar rumor bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pengganti Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Jika hal ini terjadi, Timnas Indonesia U-17 bisa tampil di Piala Dunia U-17 2023. Timbul pertanyaan, siapa nantinya yang akan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17? Dalam hal ini, Shin Tae-yong bisa dibilang menjadi kandidat yang pantas untuk menukangi Timnas Indonesia U-17 jika mentas di Piala Dunia U-17 tahun ini.

Pasalnya, terdapat 3 keuntungan jika Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Berikut penjelasannya:

3. Potensi para pemain Timnas Indonesia U-17

Salah satu keuntungan jika Shin Tae-yong bersedia untuk menerima tawaran dari PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 karena potensi para pemainnya. Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-17 nantinya akan diperkuat mayoritas para pemain Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Ada nama-nama seperti Sulthan Zaky, Nabil Asyura, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, hingga Kafiatur Rizky dalam kesuksesan Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2023. Sejumlah pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 itu diketahui memiliki potensi dan skill yang luar biasa.

Bagaimana tidak, mereka berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Kepastian menjadi juara sendiri didapat usai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 di partai final dengan skor 1-0 pada 12 Agustus 2022.

2. Pengalaman Shin Tae-yong di Piala Dunia dan Olimpiade

Keuntungan yang kedua, yakni pengalaman Shin Tae-yong pernah menangani tim nasional di ajang Piala Dunia dan Olimpiade. Hal ini membuat juru taktik asal Korea Selatan tersebut memiliki pengalaman yang bisa diterapkan kepada para pemain Timnas Indonesia U-17 nantinya.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong pernah mentas di Piala Dunia 2018 saat melatih Timnas Korea Selatan. Selain itu, pelatih 52 tahun tersebut juga pernah memimpin Timnas Korea Selatan U-23 di Olimpiade 2016.

1. Obat kekecewaan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-20 batal tampil di Piala Dunia U-20 2023

Keuntungan terakhir, yakni jadi obat kekecewaan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-20 batal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Ya, Shin Tae-yong gagal berjuang bersama anak asuhnya di Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA mencopot status tuan rumah Indonesia.

Padahal, Shin Tae-yong sudah melakukan latihan dan persiapan yang luar biasa untuk Timnas Indonesia U-20 supaya bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2023. Sayangnya, pekerjaan Shin Tae-yong berujung sia-sia lantaran mimpi Garuda Nusantara untuk tampil di ajang tersebut telah pupus.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network