Jika Timnas Indonesia Angkat Kaki, 5 Kerugian yang Dialami AFF

Rivan Nasri Rachman , Okezone
5 Kerugian yang Dialami AFF jika Timnas Indonesia Angkat Kaki. (Foto: PSSI)

Jika salah satu ada yang pergi, daya saing akan semakin berkurang. Hal tersebut jelas berdampak pada perkembangan sepakbola di AFF.

3. Kehilangan Pendapatan

Seperti yang dijabarkan di atas, Indonesia sangat antusias setiap kali Timnas Indonesia main di ajang Piala AFF. Stadion kerap dipenuhi para fans sepakbola Tanah Air, baik itu ketika bermain di Indonesia maupun di negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Dengan keluarnya Timnas Indonesia dari AFF, maka turnamen Piala AFF akan kehilangan pendapatan dari tiket stadion. Begitu juga hak siarnya, karena Indonesia kerap menyiarkan aksi Timnas Indonesia di ajang Piala AFF.

4. Gelaran Piala AFF Akan Kehilangan Exposure Gratis

Indonesia sampai saat ini masih menjadikan ajang Piala AFF sebagai sebuah turnamen yang patut untuk disaksikan. Bahkan turnamen kelompok umur pun seperti Piala AFF U-19 2022 ramai dibicarakan.

Hal tersebut membuat media-media di Indonesia ramai membahas turnamen AFF tersebut. Tentunya dengan banyaknya pemberitaan mengenai Piala AFF, maka turnamen tersebut secara tidak langsung mendapatkan exposure gratis.

5. AFF Bakal Kehilangan Lokasi untuk Menyelenggarakan Turnamen

Indonesia kerap kali ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen yang diselenggarakan AFF. Hal itu tak terlepas dari banyaknya stadion di Indonesia yang memenuhi standar internasional.

Seperti halnya Piala AFF U-19 2022, Indonesia menyelenggarakan turnamen tersebut di dua stadion, yakni Stadion Madya, Senayan, Jakarta dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Tentunya kehilangan Indonesia akan membuat AFF kehilangan salah satu negara yang bisa dijadikan tuan rumah.

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network