Jika Timnas Indonesia Angkat Kaki, 5 Kerugian yang Dialami AFF

Rivan Nasri Rachman , Okezone
5 Kerugian yang Dialami AFF jika Timnas Indonesia Angkat Kaki. (Foto: PSSI)

Seperti yang diketahui, saat ini ramai wacana Timnas Indonesia cabut dari Asean Football Federation (AFF) lantaran kecewa dengan federasi di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF berawal dari rasa kecewa para pencinta sepakbola Tanah Air yang merasa dirugikan di Piala AFF U-19 2022

Dari mulai regulasi AFF yang masih memakai head-to-head untuk menentukan posisi di klasemen hingga dibiarkannya masalah dugaan sepakbola gajah yang melibatkan Timnas Vietnam U-19 dengan Timnas Thailand U-19.

Gara-gara dua masalah itu, Timnas Indonesia U-19 yang tampil luar biasa di Grup A Piala AFF U-19 2022 pun gagal ke semifinal. 

Lantas muncul desakkan dari fans Timnas Indonesia U-19, di mana permintaan mereka adalah Indonesia keluar dari AFF.

Jika hal tersebut terjadi, AFF bisa dikatakan menjadi pihak yang bakal dirugikan dengan tidak adanya Timnas Indonesia. Lantas apa saja kerugian tersebut?

Berikut 5 Kerugian yang Dialami AFF jika Timnas Indonesia Angkat Kaki:

1. Piala AFF Takkan Menarik Lagi

Selain dampak pada perkembangan sepakbolanya, cabutnya Timnas Indonesia juga bisa memberikan efek terhadap daya tarik dari turnamen tersebut. Kehilangan salah satu tim besar jelas menurunkan antusiasme penonton.

Biasanya laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Thailand, atau Malaysia kerap disaksikan banyak pihak. Sebab pertandingan tersebut sering menyajikan pertandingan yang seru. Namun, dengan tidak adanya Timnas Indonesia, AFF akan kehilangan salah satu laga menariknya.

2. Sepakbola AFF Takkan Berkembang

Cabutnya Timnas Indonesia berarti AFF bakal kehilangan salah satu tim terkuat di federasi tersebut. Seperti yang diketahui, saat ini kekuatan utama AFF dikuasai empat negara, yakni Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Editor : Boby

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network