get app
inews
Aa Read Next : Diduga Pakai Sabu, Oknum Pejabat Pemerintah Ditangkap Polisi

Ternyata ini Penyebab Mobil Boros BBM, Jangan Ditiru!

Senin, 30 Mei 2022 | 08:40 WIB
header img
Ilustrasi mobil (freepik)

NASIONAL, iNews.id - Mobil boros bahan bakar dipicu oleh banyak faktor. Namun yang jelas, mobil boros tentu akan bikin kantong jebol. Ada beberapa hal yang membuat konsumsi bahan bakar pada mobil jadi boros. Seringkali penyebabnya adalah perilaku pengguna yang salah. Berikut tujuh penyebab bahan bakar boros dilansir dari website resmi Suzuki:

1. Terlambat mengganti oli

Oli yang terlambat diganti sudah tentu kualitasnya akan menurun. Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin mobil dan kalau lama dibiarkan ini bakal menyebabkan bensin menjadi lebih boros.

Untuk itu lakukanlah penggantian oli sesuai dengan waktu yang direkomendasikan. Biasanya pabrikan akan menyarankan penggantian oli setiap 5.000 km. Jangan pernah melewati jarak tersebut.

2. Terjadi masalah pada ban

Masalah pada ban seperti ban kurang angin dapat mengakibatkan beban gesek pada ban dan bobotnya bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin.

3. Filter bensin yang kotor

Penyebab bensin mobil boros yang selanjutnya adalah karena filter bensin kotor. Filter bensin harus rutin dibersihkan dan wajib diganti setiap 30 ribu hingga 40 ribu kilometer agar bensin yang digunakan ke ruang bakar selalu bersih.

Ketika bensin yang dipasok kotor, maka akan membuat lebih boros karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut