get app
inews
Aa Read Next : Harga BBM Tanpa Subsidi Ternyata Mencengangkan

Minyak Goreng hingga Pertamax Sudah Lebih Dulu. Menyusul Tarif Listrik Segera Naik

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:27 WIB
header img
Tarif Listrik Segera Naik. (Foto: Okezone.com)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, pihaknya akan menaikkan tarif listrik untuk pelanggan kelas atas. Di mana Presiden Jokowi dan kabinet menyetujui kenaikan listrik rumah tangga yang memiliki beban 3.000 VA.

"Ini berarti orang kaya berbagi beban dengan pemerintah yang harus menambah belanja subsidi," tandas Sri Mulyani.

Sebagaimana diketahui, tarif listrik menyusul beberapa kenaikan harga yang terjadi sebelumnya. Seperti minyak goreng, harga pertamax hingga gas elpiji 5,5 kilogram (Kg) dan 12 kg.

Okezone pun merangkum beberapa hal yang sudah lebih dulu alami kenaikan, Kamis (19/5/2022).

1. Harga Pertamax Naik

Pertamina menaikkan harga BBM RON 92 milik mereka, Pertamax di sejumlah wilayah di Indonesia. Kenaikan itu bervariasi, mulai dari Rp 12.500 per liter hingga Rp 13.000 per liter.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting mengatakan, harga baru ini berlaku mulai hari ini, 1 April 2022.

"Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak tahun 2019," jelas Irto Ginting, dikutip Jumat (1/4/2022).

Meski sudah naik, nyatanya harga baru ini masih jauh di bawah nilai keekonomian Pertamax yang seharusnya dijual Rp 16.000 per liter.

2. Gas LPG 5,5 Kg dan 12 Naik

Harga LPG non subsidi naik per 27 Februari 2022. Hal ini sebagai respons perkembangan terkini dari industri minyak dan gas.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut