get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Terkait Pemilu 2024, Ada 3 Pesan Jokowi. Ini Kata Mahfud MD

Selasa, 10 Mei 2022 | 13:24 WIB
header img
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com)

Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Pemilu 2024 saat rapat sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat yakni ada tiga pesan yang diinginkan Kepala Negara.

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Mahfud MD menyebutkan, tiga pesan yang diinginkan Kepala Negara itu, pertama, kata dia, Jokowi kembali menegaskan bahwa pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut harus berjalan sesuai tahapan yang ditentukan.

"Ya, memastikan bahwa Pemilu 2024 harus berjalan sesuai dengan tahapan-tahapannya, mulai Juni 2022 ini," ucap Mahfud 

Selanjutnya pesan kedua yang hendak disampaikan Jokowi yaitu agar jajarannya bekerja secara maksimal sesuai masing-masing tugas dan fungsi. Menurut dia, Presiden tak ingin tugas para menteri jadi terganggu dengan adanya agenda Pemilu 2024.

"Para menteri harus bekerja maksimal melaksanakan tugasnya sebagai menteri sesuai bidangnya masing-masing. Tidak boleh mengganggu dan terganggu agenda pemilu," jelasnya.

Kemudian, pesan yang ketiga, sebenarnya Jokowi mengizinkan saja para menteri di Kabinet Indonesia Maju mengeluarkan pernyataan terkait pemilu. Asalkan, pernyataan yang dikeluarkan berkaitan dengan bidangnya.

"Boleh saja menteri terkait ber-statement tentang pemilu asal relevan dengan bidangnya. Misal Mendagri ber-statement bahwa pemilu harus berjalan luber dan jurdil atau ber-statement pemerintah akan mendukung kemandirian dan netralitas KPU. Begitu itu malah bagus," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan tahapan Pemilu 2024 semakin dekat. Oleh karena itu, Jokowi meminta jajarannya untuk fokus menyelesaikan tugasnya masing masing.

"Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai pertengahan tahun ini. Saya minta menteri, kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing,"kata Jokowi saat memberikan pengantar sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut