Logo Network
Network

5 Fakta Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022, Marc Marquez Gagal Sabet Pole Position

Ramdani Bur , Okezone
.
Minggu, 24 April 2022 | 16:43 WIB
5 Fakta Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022, Marc Marquez Gagal Sabet Pole Position
Berikut 5 fakta hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022. (Foto: MotoGP.com)

Sebanyak 24 pembalap turun mengaspal untuk menentukan posisi start pada race MotoGP Portugal 2022 yang digelar di Sirkuit Algarve pada Minggu, (24/4/2022) pukul 19.00 WIB.

Alhasil, Johann Zarco (Pramac Ducati) bakal start terdepan. Lantas, apa-apa saja fakta yang terjadi dari hasil kualifikasi di atas?

Berikut 5 fakta hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022:

1. Catatan Waktu Marc Marquez Dianulir
Marc Marquez sejatiniya mencatatkan waktu terbaik di lap terakhir sesi Kualifikasi MotoGP Portugal 2022. Namun, catatan Marc Marquez dianulir imbas berkibarrya yellow flag. Bendera kuning itu berkibar setelah rekan setim Marc Marquez, Pol Espargaro, terjatuh.

“Ya, hari ini kami kurang beruntung karena bendera kuning. Saya melihat permukaan semakin kering di Q2, jadi saya menunggu saat-saat terakhir untuk benar-benar mendorong dan melakukan lap yang sangat cepat,” ujar Marquez, dilansir dari Speedweek, Minggu (24/4/2022).

“Jelas bahwa trek akan memberikan waktu terbaik di akhir. Hal seperti itu bisa saja terjadi. Tapi sayang hari ini waktu putaran saya dipengaruhi oleh bendera kuning,” lanjut Marc Marquez.

Karena itu, Marc Marquez bakal start dari posisi Sembilan MotoGP Portugal 2022. Sanggup memenangkan balapan, Marc Marquez?

2. Miguel Oliveira Bikin Kejutan?
Miguel Oliveira selaku pembalap tuan rumah bakal start dari posisi 11. Namun, bukan berarti Miguel Oliveira tak berpotensi memenangkan balapan. Jika balapan dalam kondisi hujan, rider asal Portugal ini berpeluang memenangkan race.

Masih hangat dalam ingatan ketika Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang MotoGP Mandalika 2022, meski start dari posisi tujuh. Balapan dalam kondisi basah, Miguel Oliveira unggull 2,2 detik dari Fabio Quartararo di posisi dua.

3. Yamaha Masih Kesulitan
Pembalap-pembalap Yamaha baik itu rider tim pabrikan maupun satelit masih kesulitan mendapatkan setting-an motor terbaik. Alhasil, dari lima kuallifikasi yang dijalankan musim ini, baru sekali rider mereka start dari pole position, yakni Fabio Quartararo yang dicetak pada MotoGP Mandalika 2022.

Bagaimana dengan kiprah duo rider Monster Energy Yamaha di kualifikasi MotoGP Portugal 2022? Fabio Quartararo hanya menempati posisi lima, sedangkan Franco Morbidelli terpental ke urutan 19.

4. Kehadiran Valentino Rossi
Kehadiran Valentino Rossi di paddock sang tim, Mooney VR46 Team, ternyata meningkatkan performa kedua pembalapnya, yakni Luca Marini dan Marco Bezzechi. Untuk pertama kalinya musim ini, dua pembalap di atas start di possi 10 besar!

Marco Bezzechi start dari posisi keenam, sedangkan Luca Marini dari tangga kedelapan. Apakah ini pertanda Valentino Rossi wajib hadir di setiap race yang dijalani Mooney VR46 Team?

5. Pole Position Pertama Johann Zarco di 2022
Ini merupakan pole position pertama Johann Zarco di MotoGP 2022. Terakhir kali Johann Zarco merebut pole position pada MotoGP Jerman 2021 yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring.

Sayangnya dalam balapan tersebut Johann Zarco gagal memenangkan race. Jangankan memenangkan balapan, rider asal Prancis itu malah terpental ke urutan delapan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.