get app
inews
Aa Read Next : Berikut 5 Makanan yang Miliki Sumber Lemak Baik, Salah Satunya Alpukat

Hindari Makanan Pedas dan Berlemak Saat Puasa Bagi Penderita GERD. Begini Penjelasannya

Rabu, 20 April 2022 | 20:49 WIB
header img
Makanan pedas dan berlemak (Foto: NDTV)

Dokter Umum RS Sari Asih Karawaci Tangerang, dr. Fadli Ambara menyampaikan bahwa pada penderita penyakit pencernaan seperti maag dan asam lambung (GERD) diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa. Tetapi, terdapat makanan yang menjadi larangan pada penderita GERD yaitu makanan berlemak tinggi dan pedas.

"Konsumsi makanan tinggi lemak saat sahur dapat membebani lambung. Nantinya saat pagi harinya perut mulai terasa tidak nyaman," kata dr Fadli Ambara.

Dijelaskannya penyakit pencernaan memang menjadi momok menakutkan bagi sejumlah orang yang memiliki riwayat tertentu dalam menjalankan ibadah puasa.

"Ibadah puasa Ramadhan tetap dapat dijalani oleh para penderita penyakit asam lambung dengan beberapa catatan," ujarnya.

Catatan lainnya yang harus diperhatikan adalah terkait konsumsi obat. Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman pada penderita GERD/penyakit asam lambung pada saat berpuasa. Kalau merasa tidak nyaman, sehari sebelum puasa dan sebelum sahur bisa minum obat terlebih dahulu.

"Rasa tidak nyaman itu biasanya hanya terjadi tujuh hingga sepuluh hari di awal puasa, namun kemudian kondisi tubuh akan beradaptasi dan mulai nyaman menjalani puasa tanpa memerlukan bantuan obat," ujarnya.

Mengenai menu makanan juga harus diperhatikan yakni agar mengutamakan berjenis clean food seperti sayur yang direbus atau protein rendah lemak yang dikukus atau dibakar.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut