get app
inews
Aa Read Next : Ini Cara Penanganan yang Tepat bagi Penderita Sinusitis

Atasi Tenggorokan Saat Puasa, Ini Tips Dari Dokter THT

Sabtu, 02 April 2022 | 19:46 WIB
header img
Tips atasi tenggorokan kering saat puasa (Foto: Freepik)

Selama bulan puasa Ramadhan, salah satu tantangan yang dirasakan yaitu tenggorokan terasa kering bahkan sampai terasa sakit. Tenggorokan yang kering cukup sulit untuk dihindari karena tenggorokan tidak di aliri air selama lebih dari 10 jam berpuasa.

Selama menjalani aktivitas dibulan puasa, seringkali tenggorokan yang kering dapat mengganggu aktivitas. Walaupun begitu, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tenggorokan kering saat berpuasa seharian.

Saran pertama yang direkomendasikan dokter spesialis THT, Dr. Selfiyanti Said Mkes.,SpTHTKL adalah dengan mengurangi aktivitas berbicara.

“Terlalu banyak berbicara ketika berpuasa akan membuat kita mudah haus karena tenggorokan akan terasa kering ditambah kita tidak minum lebih dari 13 jam. Artinya, semakin banyak Anda berbicara, tenggorokan semakin sakit. Jadi, sebaiknya kurangi bicara ketika sedang puasa atau radang tenggorokan,” jelas Dr. Selfiyanti saat dihubungi MNC Portal Indonesia baru-baru ini.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut disebutkan Dr. Selfiyanti juga berpengaruh pada kondisi mulut dan tenggorokan saat berpuasa. Selain rutin menyikat gigi, ia menyarankan juga untuk berkumur dengan air garam.

“Jaga kebersihan mulut dengan rutin sikat gigi tiga kali sehari. Saat puasa melakukan sikat gigi saat setelah berbuka, sebelum tidur dan setelah sahur serta berkumur dengan air garam,” imbuhnya.

Selain itu, untuk mengatasi tenggorokan kering saat puasa trik selanjutnya bisa dengan selalu menggunakan masker saat berkendara, menghindari berlama-lama di ruangan dengan udara yg kering. Minum air mineral 2-3 liter sehari (dibagi saat berbuka sampai sahur) dan istirahat yang cukup.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut