get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Ini Keutaman Sedekah di Bulan Ramadhan

Begini Tips Sehat dan Bugar Ala Dokter Spesialis

Senin, 11 April 2022 | 16:52 WIB
header img
Ilustrasi tips sehat dan bugar saat puasa Ramadan. (Foto: Freepik)

Masyarakat yang beragama islam menjalankan ibadah puasa setiap setahun sekali. Selama menjalani puasa, seringkali muncul rasa lemas.
Lantas, bagaimana tips ampuh agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa?

Dokter spesialis olahraga, Elsye Sp.KO mengungkapkan bahwa hal utama yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Mengingat, masyarakat ketika berbuka puasa memiliki nafsu makan tinggi, memakan berbagai macam jenis makanan dan tidak mengontrol asupannya.

"Bisa memicu berat badan naik kesehatan, bisa terganggu apabila makan tidak teratur, diatur pola makan seimbang, jadi ditakar agar lebih teratur," ujar dr Elsye dalam webinar spesial Ramadan, Jumat 8 April 2022.

Kemudian, dr Elsye mengajak masyarakat yang berpuasa tetap aktif berkegiatan. Menurut dia, salah satu aktivitas sederhana yaitu jalan kaki minimal 10 ribu langkah.

Ia menambahkan, lamanya duduk bisa menyebabkan badan pegal. Diatasi dengan melakukan aktivitas fisik sederhana setiap 10 menit sekali dalam 2 jam.

"Badan saat berpuasa tidak menjadi kita malas untuk berolahraga atau bergerak. Gerak itu bisa dilakukan stiap 10 menit dalam 2 jam," jelasnya.

Dengan begitu, aktivitas ketiga bisa melakukan olahraga dalam setiap sesinya bisa 30 menit. Di mana dilakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

"Minimal 3 kali dalam seminggu yang dapat ditingkatkan menjadi 5 kali dalam seminggu dengan intensitasnya dari ringan hingga sedang saja," tambah dr Elsye.

"Jadi enggak ada alasan bagi kita di bulan Ramadan malas bergerak, harus aktif," imbaunya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut