get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata ini Manfaat dan Tips Mencuci Hidung yang Benar, Begini Penjelasannya

Senin, 12 Desember 2022 | 13:47 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tips mencuci hidung yang baik dan benar. Ketika seseorang mencuci wajah, seringkali mereka melupakan mencuci bagian hidung. Padahal mencuci hidung juga penting lho!

Nyatanya, hidung sebagai salah satu organ tubuh manusia pun perlu dan penting untuk dicuci secara rutin dan teratur. Pentingnya mencuci hidung dilakukan agar manusia dapat bernapas lebih sehat. Namun, sayangnya kebiasaan kepedulian akan kebersihan dan kesehatan hidung belum membudaya di kalangan masyakarat.  

Dengan mencuci hidung secara teratur setiap harinya, manusia dapat membebaskan aliran sinus dari allergen, bakteri, dan virus. Tidak hanya itu saja, hidung yang kering juga akan menjadi lembap, jalan napas yang terganggu dapat lebih bersih, membersihkan hinggus, dan hal lainnya sehingga bisa bernapas lebih sehat.

“Untuk menjaga kesehatan hidung sehari-hari dapat dilakukan pencucian hidung dengan larutan isotonik. Sementara itu, untuk menjaga kelembapan hidung, maka larutan isotonik dapat dipakai minimal satu kali sehari,” papar Dr. S. Hendradewi SpTHT (K), MSi Med, dalam konferensi pers Bernapas Lebih Sehat Kampanye #cucihidungsetiaphari, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Lebih lanjut, terkait dengan larutan isotonik yang digunakan untuk mencuci hidung, dokter ahli THT yang akrab disapa dokter Dewi ini menjelaskan, sebaiknya menggunakan larutan isotonik semprot, atau bisa juga menggunakan air yang dilarutkan garam. Namun, jika meracik larutan air dan garam sendiri harus berhati-hati, karena air yang digunakan harus steril dan takaran garamnya harus sesuai dengan anjuran dokter.

“Cara mencucinya, untuk lubang hidung sebelah kanan, miringkan kepala ke kiri, tahan napas lalu semprot lubang hidung sebelah kanan. Begitu pun pada lubang hidung sebelah kiri. Kalau benar, cairan isotonik akan keluar dari lubang hidung sebelah kiri dan sebaliknya,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya Dokter Dewi berpesan agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan hidung dengan cara mencuci hidung secara teratur dengan larutan isotonik minimal sekali sehari, lindungi hidung saat beraktivitas, hindari penyebab alergi, ciptakan lingkungan udara yang bersih, dan jangan mengorek hidung dengan tangan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut