Jurus Jitu Mall RPM Karawang Hadapi Pengunjung Tipe Rojali dan Rohana

KARAWANG, iNEWSKarawang.id – Fenomena Rombongan Jarang Beli (Rojali) dan Rombongan Hanya Nanya (Rohana) tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai pusat perbelanjaan. Istilah yang terdengar unik ini menggambarkan perilaku pengunjung yang datang hanya untuk jalan-jalan atau bertanya tanpa melakukan pembelian.
Fenomena sosial ini juga ternyata terjadi di Karawang, salah satunya di Resinda Park Mall (RPM) Karawang. Meski jumlah pengunjung terbilang tinggi, manajemen mall menyadari tidak semua pengunjung melakukan transaksi.
"Resinda Park Mall Karawang tetap menyambut baik tingginya traffic pengunjung, walaupun muncul fenomena Rojali dan Rohana. Kami melihat ini bukan hanya tantangan, tapi peluang. Fokus kami adalah mengubah antusiasme kunjungan menjadi transaksi nyata melalui program belanja, kolaborasi tenant, dan event-event,” ujar Marketing Communication Manager RPM, Deni Setiawan, Jumat (1/8/2025).
Deni mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi fenomena Rojali dan Rohana ini melalui program engagement, promosi bundling, hingga event tematik.
Lebih lanjut Deni menjelaskan, fenomena tersebut menunjukan bahwa pengunjung saat ini cenderung lebih hati-hati dan selektif dalam berbelanja.
"Fenomena ini menunjukkan konsumen kini lebih hati-hati dan selektif dalam berbelanja. Kalau kita antisipasi sejak awal dan lakukan strategi penyesuaian, mall masih bisa tetap maju dan bertahan,” katanya.
Menurut Deni, jika tidak diantisipasi dengan baik, fenomena traffic tinggi namun belanja rendah dapat berdampak pada performa tenant maupun mall secara keseluruhan.
"Kalau kita antisipasi fenomena ini sejak awal dan lakukan strategi penyesuaian, saya yakin mall masih bisa tetap maju dan bertahan,” tutupnya.
Editor : Frizky Wibisono