get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Yuk Cek Kelulusan SNMPTN 2022 Unsika di Link Website!

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:29 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: dok. Unsika/ist).

KARAWANG, iNews.id - Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) akan mengumumkan Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Peserta seleksi SNMPTN bisa melihat hasilnya pada pukul 15.00 WIB, Selasa (29/3/2022). 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ibrahim Lammada menjelaskan ada dua cara calon mahasiswa dalam melihat hasil seleksi SNMPTN melalui akun snmptn.unsika.ac.id dan pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Kemudian ia menjelaskan, tak hanya calon mahasiswa yang daftar ke Unsika saja untuk mengecek hasil seleksi SNMPTN. Akan tetapi, hasil seleksi calon mahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri se-Indonesia. 

"Link ini pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id skala nasional. Tapi website kami juga bisa lihat hasilnya karena sebagai link mirror di 31 universitas negeri," ungkap dia. 

Adapun cara masukknya, calon mahasiswa bisa masuk link website pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id atau laman mirror snmptn.unsika.ac.id. 

Lalu log in masukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir dan akan langsung keluar hasilnya. 

"Jadi sekarang tidak perlu mencari namanya, tinggal masukin nomor pendaftarannya dan akan muncul hasilnya lulus atau tidaknya," jelas dia. 

Ibrahim menambahkan, untuk jalur SNMPTN/SPAN-PTKIN, Unsika memiliki daya tampung sebesar 1.176 mahasiswa untuk 26 program studi. 

Mereka yang tidak lulus masuk SNMPTN, Ibrahim mengungkapkan bisa daftar ke jalur Seleksi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2022. 

Akan tetapi peserta yang sudah lulus SNMPTN 2022 tidak bisa mendaftar ke jalur UTBK SBMPTN. 

"Untuk di Unsika calon mahasiswa yang belum juga lulus SBMPTN juga bisa daftar seleksi mandiri. Nanti untuk jadwalnya belum diumumkan," tandasnya. 

Sebelumnya, Insani Abdi Bangsa selaku Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Unsika, mengatakan untuk tahun akademik 2022/2023 ini total daya tampungnya sebanyak 4.215 mahasiswa. 

Dengan rincian jalur SNMPTN/SPAN-PTKIN, 1.176 mahasiswa, SBMPTN/UM-PTKIN 1.592 mahasiswa, dan Seleksi Mandiri 1.447 mahasiswa. 

"Jumlah besaran daya tampung itu berdasarkan Keputusan Rektor Unsika Nomor 40/UN64/KPT/2022," kata Insani, pada Selasa (15/2/2022). 

Dia melanjutkan terdapat beberapa jalur masuk yang dapat dipilih siswa untuk menjadi mahasiswa Unsika. 

Bertepatan tanggal 14 Februari 2022, salah satu jalur masuk yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. 

SNMPTN ini diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) yang didasarkan pada prestasi akademik siswa. 

Pendaftaran SNMPTN ini dimulai oleh sekolah-sekolah yang telah melakukan registrasi akun LTMPT. 

"Siswa dapat mendaftar apabila pihak sekolah telah terdaftar di LTMPT," terang dia. 

Terdapat beberapa persyaratan bagi sekolah maupun siswa. Syarat bagi sekolah yang mendaftar adalah sekolah yang memiliki NPSN. 

Sedangkan syarat bagi siswa adalah siswa yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. 

"Adapun syarat-syarat dan ketentuan secara rinci dapat dapat dilihat pada website resmi LTMPT," beber Insani. 

Dia menerangkan Unsika memiliki 9 fakultas dengan total 30 program studi yang menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023. 

Adapun program yang dibuka, diantaranya 3 program magister, 1 program diploma tiga, dan 26 program sarjana. 

Unsika membuka 5 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan Seleksi Mandiri. 

"Masing-masing jalur penerimaan memiliki daya tampung yang berbeda-beda untuk setiap program studinya," jelas dia.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut