get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Efektif

Minggu, 13 Maret 2022 | 09:16 WIB
header img
Foto : Ilustrasi/Pixabay

JAKARTA, iNews.id - Kebanyakan orang tidak tahu cara mengelola keuangan dengan baik dan efektif, sehingga banyak orang yang menggunakan uangnya untuk lebih dulu memenuhi keinginan, bukan kebutuhan.

Ketika Anda mengelola keuangan dengan baik, hidup Anda mungkin tidak menjadi lebih mudah, tetapi Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup Anda. Mengelola keuangan pribadi sebenarnya tidak begitu sulit, namun diperlukan pengetahuan dan komitmen untuk melakukannya

Apa Itu Keuangan Pribadi?
Sebelum mengetahui cara mulai mengelola keuangan pribadi, sebaiknya Anda mengetahui lebih dahulu apa itu keuangan pribadi. Mengutip Investopedia, keuangan pribadi adalah istilah yang meliputi pengelolaan uang Anda serta tabungan dan investasi. Ini mencakup penganggaran, perbankan, asuransi, hipotek, investasi, perencanaan pensiun, serta pajak dan perencanaan perumahan.

Istilah ini sering mengacu pada seluruh industri yang menyediakan layanan keuangan kepada individu dan rumah tangga serta memberi tahu mereka tentang peluang keuangan dan investasi.

Keuangan pribadi adalah tentang memenuhi tujuan keuangan pribadi, apakah itu memiliki keuangan yang cukup untuk kebutuhan jangka pendek, merencanakan pensiun, atau menabung untuk pendidikan perguruan tinggi anak Anda. Itu semua tergantung pada pendapatan, pengeluaran, kebutuhan hidup, tujuan dan keinginan Anda, serta membuat rencana untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam batasan keuangan Anda.

Untuk memaksimalkan pendapatan dan tabungan Anda, penting untuk menjadi melek finansial. Dengan begitu, Anda dapat membedakan antara nasihat yang baik dan buruk serta membuat keputusan yang cerdas.

Cara untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi Setelah mengetahui apa itu keuangan pribadi, berikut ini sejumlah cara untuk mulai mengelola keuangan pribadi yang bisa Anda coba dari berbagai sumber:

1. Detailkan Tujuan Keuangan
Tulis tujuan keuangan jangka panjang yang spesifik. Anda mungkin ingin melakukan perjalanan, membeli properti investasi, atau pensiun dini. Semua tujuan ini akan mempengaruhi bagaimana Anda merencanakan keuangan Anda.

Misalnya, tujuan Anda untuk pensiun dini tergantung pada seberapa baik Anda menyimpan uang Anda saat ini. Tujuan lain, termasuk memiliki rumah, memulai keluarga, pindah, atau mengubah karier, semuanya akan dipengaruhi oleh cara Anda mengelola keuangan.

Setelah Anda menuliskan tujuan keuangan Anda, prioritaskan. Proses pengorganisasian ini memastikan Anda memberikan perhatian paling besar pada hal-hal paling penting bagi Anda. Anda juga bisa mencantumkannya dalam urutan yang ingin Anda capai, tetapi tujuan jangka panjang seperti menabung untuk masa pensiun mengharuskan Anda bekerja ke arah itu sambil mengerjakan tujuan lainnya.

Beberapa tips untuk memperjelas tujuan keuangan Anda, di antaranya:

Tetapkan tujuan jangka panjang seperti keluar dari utang, membeli rumah, atau pensiun dini. Tujuan ini terpisah dari tujuan jangka pendek.
Tetapkan tujuan jangka pendek, seperti mengikuti anggaran, mengurangi pengeluaran, membayar, atau tidak menggunakan kartu kredit Anda.
Prioritaskan tujuan Anda untuk membantu membuat rencana keuangan.

2. Buat Rencana Keuangan
Rencana keuangan sangat penting untuk membantu Anda mencapai tujuan keuangan. Rencana tersebut harus memiliki beberapa langkah atau tonggak. Contoh rencana keuangan, termasuk membuat anggaran bulanan dan rencana pengeluaran, kemudian keluar dari utang.

Setelah menyelesaikan ketiga hal tersebut dan menindaklanjuti rencana baru selama beberapa bulan, Anda mungkin akan memiliki uang ekstra, dan uang yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan Anda berikutnya.

Penting juga untuk memutuskan prioritas apa yang paling penting bagi Anda. Teruslah bekerja dengan mantap menuju tujuan pensiun jangka panjang Anda, tetapi juga mulai fokus pada tujuan jangka pendek terpenting yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Apakah Anda ingin melakukan perjalanan yang mewah? Mulai berinvestasi? Beli rumah atau membangun bisnis? Ini semua adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan langkah Anda selanjutnya.

Tujuan Anda, bersama dengan dana darurat akan membantu Anda berhenti membuat keputusan keuangan berdasarkan rasa takut dan membantu mengendalikan situasi.

Saat membuat rencana keuangan, ingat hal-hal berikut ini:

Anggaran Anda adalah kunci kesuksesan. Ini adalah alat yang akan memberi Anda kendali paling besar atas masa depan keuangan Anda. Anggaran Anda adalah kunci untuk mencapai sisa rencana Anda.
Anda harus terus berkontribusi pada tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk masa pensiun, apa pun tahap rencana keuangan Anda.
Membangun dana darurat adalah faktor kunci lain dalam kesuksesan finansial dan mengurangi stres.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut