get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Keren! Lagu Kebangsaan Singapura diciptakan Orang Minang, Ini Faktanya

Senin, 07 Maret 2022 | 14:00 WIB
header img
Fakta Lagu Kebangsaan Singapura yang diciptakan orang Indonesia. (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Ternyata lagu kebangsaan Singapura bukanlah lagu yang diciptakan orang Singapura asli, melainkan ciptaan orang Indonesia.

Tak banyak orang yang mengetahui tentang fakta lagu kebangsaan Singapura. Dibaliknya ada sosok penting yang berjasa menciptakannya.

Meski setiap bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat tentu memiliki beberapa unsur penting, di antaranya bendera nasional hingga lagu kebangsaan resmi yang punya makna filosofis tersendiri dibaliknya.

Singapura, negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Batam, Provinsi Riau, juga memiliki lagu kebangsaan dengan sederet fakta menarik.

Penasaran apa saja fakta menarik di balik lagu berjudul Majulah Singapura tersebut? Berikut fakta lagu kebangsaan Singapura yang dirangkum iNews.id, Minggu (6/3/2022):

1. Diciptakan Orang Minang

Fakta lagu kebangsaan Singapura yang pertama adalah mengenai latar belakang penciptanya. Ternyata pencipta lagu ini merupakan sosok musisi dan komposer berbahasa Melayu ternama yakni Zubir Said, yang bukanlah orang Singapura asli. Zubir Said justru adalah salah satu anak bangsa Indonesia di mana dia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 22 Juli 1907 dan berasal dari keluarga Minang asli. Namun saat berusia 21 tahun, Zubir memutuskan merantau ke Singapura dengan alasan mencari kehidupan yang lebih baik.

Bakat bermusik Zubir sendiri sudah terlihat sejak kecil. Musik dan dunia hiburan pulalah yang membuatnya hijrah ke Negeri Singa pada 1928, kemudian bergabung dengan Wayang Bangsawan City Opera, sebuah kelompok teater bangsa Melayu di Singapura. Kariernya terus menanjak hingga pada akhirnya pada 1958, Zubir menggubah lagu dan musik Melayu berjudul Majulah Singapura yang terpilih sebagai lagu resmi untuk Dewan Kota Singapura saat pemerintahan mulai berjalan pada 1959.

Lalu ketika Singapura resmi merdeka dari Inggris pada 1965, lagu tersebut tetap digunakan dan bahkan ditetapkan sebagai lagu resmi kebangsaan Negara Kota itu. Dengan semangat patriotisme kepada Singapura, Zubir Said menolak mendapatkan royalti dan mengatakan bahwa dia cukup mendapatkan penghargaan. Akhirnya dia pun resmi menjadi Warga Negara Singapura pada 1967.

2. Diubah Sekali

Lagu Majulah Singapura yang dikumandangkan saat ini sudah sempat digubah pada 2001 lalu, dengan alasan untuk mendapatkan aransemen yang lebih megah agar semakin terilhami. Awalnya Zubir Said menggunakan kunci dan tangga nada G mayor, yang mana hal itu lantas diubah oleh pemerintah Negeri Singa tersebut dengan pemilihan kunci F mayor.

3. Dinyanyikan dalam Bahasa Melayu

Singapura memiliki keberagaman penduduk yang cukup besar di mana warga negara mereka terdiri dari 3 etnis dan suku bangsa besar yakni Melayu, China dan India serta segelintir orang Inggris. Oleh karena itu, lagu kebangsaan Majulah Singapura pun memiliki lirik terjemahan dalam berbagai bahasa dan tulisan. Namun menariknya, lagu ini hanya boleh dikumandangkan dan dinyanyikan secara umum dengan Bahasa Melayu. Hal itu tentu saja untuk menghargai penciptaan awal lagu tersebut.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut