get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Bantu Petani Basmi Hama Padi, DPKP Bangun 40 Rumah Burung Hantu di Karawang

Minggu, 14 Juli 2024 | 15:12 WIB
header img
Bantu Petani Basmi Hama Padi, DPKP Bangun 40 Rumah Burung Hantu di Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang membangun 40 rumah burung hantu (Rubuha) secara masal di 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang.

Kepala DPKP Karawang, Rohman mengungkapkan bahwa pembuatan rubuha masal tersebut merupakan program Kementerian Pertanian, dimana pembuatan rubuha itu dilakukan secara serentak di Indonesia.

"Sebagaimana arahan dari Kementerian, bahwa dilaksanakan pembangunan masal rubuha di setiap poktan di Indonesia," Ungkap Rohman, Jumat,(12/7/2024).

Dan untuk di Kabupaten Karawang sendiri, kata Rohman, ada sebanyak 40 rubuha yang di bangun dengan harapan bisa mengurangi dampak kerusakan pertanian. 

"Rubuha ini merupakan salah satu upaya mencegah hama tikus menyerang ladang pertanian milik petani dengan memanfaatkan burung hantu Tyto alba yang merupakan pemangsa alaminya," jelasnya.

Dengan segala manfaatnya tersebut, Rohman menyarankan agar para Kelompok Tani (Poktan) bisa membuat rubuha dengan swadaya di wilayahnya masing-masing.

"Semoga semua bisa meniru poktan lain untuk membuat atau memperbanyak rubuha yang ada di wilayahnya. Sebab, banyak manfaatnya, selain mengusir hama, cara tersebut juga ramah akan lingkungan karena dilakukan secara alamiah," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut