get app
inews
Aa Read Next : Ini Hukumnya Menurut Islam soal Khodam dan Jimat

Film Ipar adalah Maut Ternyata Sudah Lama Dijelaskan dalam Hadits Nabi

Senin, 24 Juni 2024 | 19:28 WIB
header img
Viral Film Ipar adalah Maut Sudah Lama Dijelaskan dalam Hadits Nabi/Okezone

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Film Ipar adalah Maut mendadak viral dan menjadi perhatian publik Tanah Air karena menceritakan tentang perselingkuhan suami dengan adik ipar sendiri.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini melibatkan sejumlah artis ternama, di antaranya aktor Deva Mahenra dan aktris Delvina Karamoy.

Sejatinya film Ipar adalah Maut ternyata sudah lama dijelaskan lengkap dalam hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dari 'Uqbah bin 'Amir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِيَّاكُمْ وَالدُّخُولَ عَلَى النِّسَاءِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَرَأَيْتَ الْحَمْوَ . قَالَ الْحَمْوُ الْمَوْتُ

"Berhati-hatilah kalian masuk menemui wanita." Lalu seorang laki-laki Anshar berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana pendapat Anda mengenai ipar?" Beliau menjawab, "Hamwu (ipar) adalah maut." (Hadits riwayat Imam Bukhari nomor 5232 dan Imam Muslim: 2172).

Dikutip dari Bimbingan Islam, hadits tersebut merujuk kepada kata "Hamwu" yang bukan hanya ipar. Hamwu adalah seluruh kerabat dari istri yang bukan mahram bagi kita.

Maut di sini berarti kaum Muslimin harus ekstra hati-hati dengan hamwu atau keluarga dekat istri yang bukan mahram. Dikarenakan sering bertemu, bisa saja terjadi perbuatan yang mengarah pada zina.

Hadits tersebut juga mengajarkan umat Islam untuk tidak berdua-duaan dengan seseorang yang bukan mahram bagi kita.

لاَ يَخْلُوَنَّ أَحَدُكُمْ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا


"Janganlah salah seorang di antara kalian berdua-duaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya." (HR Ahmad 1: 18. Syekh Syu'aib Al Arnauth mengatakan sanad hadits ini shahih, para perowinya tsiqoh sesuai syarat Bukhari dan Muslim)

Maka dari hadits ipar adalah maut menjelaskan bahwa ipar atau adik ataupun kakak dari pasangan kita bukanlah mahram bagi kita.

Kedekatan ipar dengan pasangan kita membuat kita harus lebih berhati-hati untuk tidak berdua-duaan karena ipar bukanlah mahram bagi kita.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut