get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Kedinasan Kemenhub Harus Tinggalkan Budaya Kekerasan, Ini Pesan Menhub

Indonesia-Amerika Serikat Jalin Kerja Sama Penguatan Keamanan Sektor Maritim

Selasa, 18 Juni 2024 | 23:25 WIB
header img
Kemenhub Jalin Kerja Sama dengan AS (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Indonesia menjalin kerja sama penguatan keamanan sektor maritim dengan Amerika Serikat.

Hal ini diketahui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya mendapat kunjungan dari delegasi Kedubes Amerika Serikat di Jakarta dan United States (US) Coast Guard.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama maritim antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta untuk berdiskusi mengenai potensi kerja sama dalam bidang pengembangan kapasitas SDM KPLP (Indonesia Sea and Coast Guard).

"Delegasi Amerika Serikat juga berkesempatan mengunjungi Kapal Negara Patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, yaitu Kapal Patroli KN. Chundamani P.116, KNP. 329 dah KNP. 371,"ungkap Kepala PPLP Kelas II Tanjung Perak, Devi A. Mamesah dalam keterangan resminya, Selasa (18/6/2024).

Pihaknya berharap kunjungan ini dapat mempererat kerja sama yang telah lama berjalan dengan US Coast Guard yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, delegasi US Embassy dan US Coast Guard mengadakan serangkaian diskusi dan bertukar pengalaman bersama dengan personel Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai kelas II Tanjung Perak terkait pelaksanaan tugas dan fungsi penjaga laut dan pantai (Indonesia Sea and Coast Guard).

Menurut Devi, topik yang dibahas meliputi penegakan hukum di laut, misi bantuan musibah pelayaran serta manajemen perawatan kapal patroli. Selain itu, delegasi US juga mengunjungi fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak.

Devi berharap, kunjungan US Embassy dan US Coast Guard ke Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak ini dapat menjadi langkah awal dari banyak inisiasi kolaboratif lainnya yang akan mendukung peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut