get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Deretan Nama Artis Transgender Wafat Dimakamkan Sesuai Dengan Kodratnya

Jum'at, 18 Februari 2022 | 10:02 WIB
header img
Artis transgender. (Foto: iNews.id/ist).

JAKARTA, iNews.id – Deretan Artis transgender wafat dimakamkan kembali sebagai pria selalu menjadi sorotan masyarakat. Tak bisa dipungkiri, semasa hidup para artis transgender ini dikenal sebagai perempuan, hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir dimakamkan sesuai kodratnya. 

Pasalnya, industri hiburan Tanah Air memiliki artis-artis transgender yang multitalenta dan populer di antaranya saja seperti Millen Cyrus, Dena Rachman, hingga model cantik Dinda Syarif.

Sebelum hadir nama-nama tersebut, ada beberapa artis transgender yang lebih dulu eksis di Indonesia. Namun sayangnya, kini mereka sudah tiada dan meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga serta tentu saja para penggemarnya.

Penasaran siapa saja artis transgender meninggal dimakamkan kembali sebagai pria? Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (17/2/2022).

1. Dorce Gamalama
Salah satunya yang telah pergi yakni Dorce Gamalama. Artis serba bisa itu meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) pagi. Dia Mengembuskan napas terakhir di RSPP Simprug, Jakarta. Pada akhir perjalanannya, sang artis transgender meninggal dimakamkan kembali sebagai pria.

Meskipun, Dorce sempat berwasiat ingin dimakamkan sebagai perempuan, pihak keluarga justru memakamkannya sebagai laki-laki. Hal itu bukan tanpa alasan. Salah satu anak asuhnya, Fatimah, mengatakan, sebelumnya Dorce telah memasrahkan pemakamannya kepada keluarga. 

“Mama sudah menyerahkan kepada kita, anak-anak. Jikalau terjadi seperti ini, mama nyerahin ke kita untuk sesuai dengan lahirnya mama,” ujarnya.

2. Ade Juwita 
Siapa yang tak kenal Ade Juwita? Dia merupakan artis serba bisa yang khas dengan penampilan serta pembawaannya yang ceria. Namanya melejit lewat sitkom Lenong Rumpi dan serial Si Manis Jembatan Ancol bersama Kiki Fatmala dan Ozy Syahputra. Mempunyai penampilan yang feminin, Ade Juwita sendiri mengaku bahwa dia mempunyai sisi itu sejak kecil. Dia mengaku mulai berdandan memakai bedak layaknya perempuan sejak duduk di bangku SMP. 

Ade Juwita meninggal dunia pada 6 November 2015 di Sorong. Dia mengembuskan napas terakhirnya di usia 49 tahun akibat penyakit maag akut dan kelenjar getah bening. Menurut penuturan sang sahabat, Harry de Fretes, Ade Juwita dimakamkan sesuai dengan jenis kelamin lahir mendiang, yaitu pria.  

“Disemayamkan kembali ke jati dirinya, dengan nama aslinya Joni Libertifa Ateva,” ujarnya pada November 2015 silam.

3. Jeanny Stavia 
Jeanny Stavia atau dikenal sebagai Avi merupakan seorang transgender yang terkenal menjadi model video klip untuk salah satu single hits Naif berjudul Posesif. Sebagai seorang model, Avi pernah meraih penghargaan Best Model Videoklip MTV pada 2001. Tak hanya itu, Avi juga pernah meraih predikat Ratu Waria Indonesia pada 1997 dan tergabung dalam grup Golden Boys.  

Sayangnya, pada 2002, Avi mengidap penyakit kanker paru-paru. Dia meninggal dunia pada 19 Januari 2006. Avi mengembuskan napas terakhirnya di RS Dharmais, Jakarta. Sebelum wafat, diketahui Avi sempat berpesan kepada ibunya bahwa dia ingin dimakamkan sebagai seorang pria dan menyandang nama lahirnya, Joko Wiryanto Suwito.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut