get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Irjen Kemenkumham Resmikan Hasil Revitalisasi Pelayanan Pembinaan Warga Binaan

Selasa, 07 Mei 2024 | 17:34 WIB
header img
Irjen Kemenkumham Resmikan Hasil Revitalisasi Pelayanan Pembinaan Warga Binaan (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Kunjungi Lapas Kelas II A Kabupaten Karawang, Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Irjen Kemenkumham), Reynhard Silitonga meresmikan hasil Revitalisasi Pelayanan Pembinaan Warga Binaan, Selasa,(7/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Reynhard mengapresiasi kinerja Lapas Kelas II A Karawang karena telah berkomitmen dalam melakukan revitalisasi pelayanan pemasyarakatan terhadap pada napi.

Lanjutnya, Ia juga menyampaikan jika kegiatan revitalisasi ini bukan hanya sekedar pelayanan berbasis HAM, tetapi juga sebagai bentuk penunaian terhadap Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 40 Tahun 2017 serrta Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH.02.UM.06 Tahun 2011.

"Kegiatan hari ini tentang higienis, tentang dapur dan juga panen. Selaku inspektur saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa atas prestasi Lapas Kelas IIA Karawang," Ungkap Reynhard saat memberikan sambutan.

"Fasilitas di Lapas Kelas IIA Karawang seperti dapur higienis, fasilitas kesehatan dan fasilitas pemberdayaan lainnya sudah sangat baik," Imbuhnya.

Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa hadirnya program-program dan sinergi yang baik akan berdampak terhadap keberhasilan yang baik, dengan harapam revitalisasi dan pemberdayaan ini bisa menjadi bekal bagi para warga binaan ketika telah keluar dari Lapas.

Sebab, kata dia, dalam program ini para napi akan diarahkan untuk bertani, mengasah keterampilan seni, hingga membuat produk yang berdaya jual.

"Ini warga binaan kita lho, jangan dianggap warga negara ke 2. Mereka itu bisa jadi potensial dan harus diarahkan, contohnya Nelson Mandela dari sosok napi bisa menjadi presiden," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar mengungkapkan bahwa ada 3 pilot project capaian Lapas Kelas IIA Karawang diantaranya; melakukan assessment petugas internal, melaksanakan apel deklarasi perencanaan tahun berprestasi dan perubahan pola pikir/perilaku serta melaksanakan pengolahan bahan makanan, revitalisasi klinik dan revitalisasi ruang rawat inap sebagai pusat pelayanan kesehatan terpadu bagi warga binaan.

Dengan harapan dapat mewujudkan tahun 2024 ini menjadi tahun berprestasi bagi Lapas Kelas IIA Karawang.

“Seluruh langkah yang telah ditempuh, murni dibiayai sepenuhnya dengan DIPA Lapas Kelas IIA Karawang. Sehingga besar harapan kami untuk dapat mencapai pelayanan yang sangat berdampak bagi seluruh warga binaan serta dapat mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut