get app
inews
Aa Read Next : Ini Respon Sri Mulyani soal Mahasiswa ITB Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Peringati Hari Kartini 2024, Sri Mulyani Sebut Wanita Miliki Kemampuan untuk Maju dan Merdeka

Minggu, 21 April 2024 | 20:35 WIB
header img
Sri Mulyani peringati hari Kartini (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsKarawqang. id-Kartini merupakan seorang sosok yang terlahirkan jauh sebelum pemikiran mengenai persamaan dan emansipasi antara perempuan dan laki-laki.

Demikian dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam memperingati Hari Kartini 21 April 2024. 

Sri Mulyani mendorong para perempuan Indonesia untuk terus maju memperjuangkan mimpinya. Ia juga mengingatkan para perempuan yang ada di Indonesia untuk berjuang dan meneruskan perjuangan kartini.

“Di hari kelahirannya, mari merayakan perjuangan Kartini dengan meneruskan impian serta cita-cita beliau dalam pikiran, hati, dan tindakan kita. Saling mendukung dan melindungi kepada sesama perempuan untuk kebaikan,” ucapnya dilansir dari Instagramnya.

Dalam postingan di Instagram, Sri Mulyani membacakan sebuah kutipan dari surat Raden Ajeng Kartini kepada nona Zeehandelaar pada 25 Mei 1899.

“Pada masa saya masih kanak-kanak, kata-kata “emansifatie” belum ada bunyinya belum ada artinya bagi telinga saya. Serta keterangan dan kitab pasal itu masih jauh dari jangkauan saya, telah hidup dalam hati saya suatu keinginan yang makin lama makin besar, keinginan akan bebas, merdeka, berdiri sendiri, itu adalah surat Raden Ajeng Kartini yang ditulis 125 tahun yang lalu,” ucap dia.

Sejatinya, bangsa yang maju adalah bangsa yang para perempuannya memiliki kebebasan peran di segala bidang, boleh memilih jalan hidupnya sendiri, didukung untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi, serta mampu hidup mandiri dan merdeka. Ibu kita, Kartini menyebutnya, “emansipasi wanita”.

Semua wanita memiliki kemampuan yang sangat amat hebat dengan berbagai aktivitas yang mereka kerjakan secara bersamaan, sri mulyani juga menghimbau bahwa perempuan juga punya keinginan untuk terus maju.

"Wanita memiliki kemampuan dan keinginan untuk terus maju, mandiri, dan merdeka, ini adalah cita-cita yang mulia, karena semua bangsa, dimana perempuannya bisa melakuan peranan dan juga menyumbangkan pada kegiatan-kegiatan yang positif, dari mulai mendidik anak, menjaga kesehatan, hingga pada kegiatan ekonomi,” imbuh dia.

Dia pun menghimbau agar para perempuan Indonesia tak berhenti memperjuangkan mimpinya karena negara akan siap memberikan dukungan.

“Bersama-sama kita terus buka kesempatan bagi anak-anak perempuan untuk meneruskan Pendidikan, memberi kesempatan kepada mereka untuk bisa mewujudkan impian, dan mewujudkan aspirasinya ikut di dalam kegiatan baik di bidang sosial, ekonomi, maupun politik,” ucapnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut