get app
inews
Aa Read Next : BPBD Jabar Ungkap 154 Unit Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi Garut Magnitudo 6,2

Taiwan Diguncang Gempa Dahsyat M7,4, Banyak Gedung Ambruk dan Listrik Mati

Kamis, 04 April 2024 | 06:40 WIB
header img
Gempa Dahsyat M7,4 Guncang Taiwan, Banyak Gedung Ambruk dan Listrik Mati/Okezone

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Wilayah pantai timur Taiwan diguncang gempa bumi besar berkekuatan 7,4 skala Richter pada Rabu (3/4/2024). 

Survei Geologi AS (USGS) menyebut gempa bumi terkuat ini melanda pulau tersebut dalam 25 tahun.

Peristiwa gempa terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat, 18 kilometer (11 mil) selatan kota Hualien dan pada kedalaman 34,8 kilometer (21 mil). Kemudian  diikuti beberapa gempa susulan yang kuat dan getarannya terasa di seluruh pulau, termasuk oleh staf CNN di Taipei.

Laporan mengenai kerusakan awal telah muncul, dengan orang-orang terperangkap di dalam bangunan yang runtuh di Hualien County, ribuan rumah tanpa aliran listrik, dan jalan raya utama di sepanjang pantai timur pulau itu ditutup untuk lalu lintas karena kerusakan besar akibat tanah longsor dan batu runtuh.

Juru bicara Administrasi Cuaca Pusat Taiwan memperingatkan bahwa gempa susulan berkekuatan 7 skala Richter diperkirakan akan terjadi hingga akhir minggu ini.

Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di Taiwan, Jepang selatan, dan Filipina, dengan gelombang kurang dari setengah meter terlihat di beberapa pantai, dan mendorong maskapai penerbangan untuk menunda penerbangan.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, oeringatan tsunami di Jepang kemudian dicabut.

Kementerian Pertahanan mengatakan di Taiwan, personel militer telah dikirim untuk membantu bantuan bencana dan sekolah-sekolah serta tempat kerja menghentikan operasinya ketika gempa susulan melanda pulau itu.

Presiden Taiwan yang akan segera habis masa jabatannya, Tsai Ing-wen, mengatakan pada Rabu (3/4/2024)bahwa dia telah memerintahkan pemerintahannya untuk segera mengatasi situasi ini dan memahami dampak lokal sesegera mungkin.

Tsai juga mengatakan kepada pemerintah untuk memberikan bantuan yang diperlukan, dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meminimalkan dampak bencana.

Taiwan sering diguncang gempa bumi karena lokasinya di Cincin Api Pasifik, yang membentang di sekitar tepi Samudra Pasifik dan menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik besar-besaran dari Indonesia hingga Chile.

Badan Cuaca Pusat mengatakan gempa yang terjadi pada Rabu (3/4/2024) ini adalah yang terkuat yang melanda Taiwan sejak 1999, Gempa berkekuatan 7,7 skala richter itu melanda 93 mil (150 kilometer) selatan Taipei, menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 lainnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut