Logo Network
Network

Pastikan Keamanan Mudik Lebaran, Pemkab Karawang Gelar Operasi Ketupat Lodaya 2024

Iqbal Maulana Bahtiar
.
Rabu, 03 April 2024 | 23:41 WIB
Pastikan Keamanan Mudik Lebaran, Pemkab Karawang Gelar Operasi Ketupat Lodaya 2024
Pastikan Keamanan Mudik Lebaran, Pemkab Karawang Gelar Operasi Ketupat Lodaya 2024 (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Pemerintah Kabupaten Karawang bersama TNI-Polri menggelar apel operasi ketupat lodaya 2024 di Lapangan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Rabu, (3/4/2024).

Dalam apel tersebut dihadiri oleh Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandim 0604/ Karawang Letkol Inf Dede Hermawan, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Syaifullah beserta jajaran opd terkait Kamtibmas di Karawang.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini diprediksi ada kenaikan jumlah pemudik yang cukup signifikan, sekitar 50 persen.

Oleh sebab itu, Kata dia, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Karawang mengerahkan tim gabungan untuk memastikan keamanan selama hari raya idul fitri 1445 Hijriah yang akan beroperasi pada 4 hingga 16 April 2024.

"Sebanyak 1.756 personel yang akan disebar di 54 titik posko keamanan kita kerahkan untuk pengamanan arus mudik lebaran 2024," kata Kapolres, Rabu,(3/4/2024).

Selain itu, Ia juga mengatakan jika pihaknua telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pada jalur tol akan diterapkan contra flow. 

"Manajemen rest area mulai dari buka tutup rest area, kemudian pengelolaan parkir di rest area hingga meminimalisir kegiayan yang tidak memperlancar di dalam resy area akan kita lakukan," Jelasnya.

"Lalu, untuk jalur alternatif akan digunakan jika jalan arteri padat pemudik," Tuturnya.

Sementara itu, Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa saat ini pihaknya bersama Forkopimda Karawang telah menyiapkan beberapa posko yang disebar dibeberapa titik di Karawang, baik di jalur tol maupun jalur alternatif.

"Pos terpadu kita ada 1 pos, pos pelayanan ada 2 pos, pos pengamanan ada 19 pos, pos gatur ada 30 serta ada pos wisata juga," Katanya.

Tambahnya, Bupati juga mengatakan jika perbaikan jalan yang dilakukannya telah selesai dan siap digunakan untuk pemudik.

"PUPR sudah memonitoring, perbaikan jalan di Telagasari, Lemahabang, Wadas hingga Cilamaya sudah finish dan siap digunakan. Lalu, kita juga sudah berkoordinasi dengan camat-camat diwilayah sana untuk membuat posko bagi pemudik," Ujarnya.

Dengan hal tersebut, Ia berharap para pemudik yang melintas ke Karawang bisa lebih aman dan nyaman. Begitu juga dengan masyarakat sekitar.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.