get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Ungkap Kesiapan Timnas Indonesia Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Erick Thohir-Shin Tae-yong Bahas Strategi Rotasi hingga Komposisi Pemain Timnas Indonesia

Kamis, 14 Maret 2024 | 21:12 WIB
header img
Erick Thohir dan Shin Tae-yong mengadakan pertemuan jelang Timnas Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: Instagram/@erickthohir)

JAKARTA, iNewsKarawang. id-Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melakukan pertemuan dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membahas soal rotasi dan komposisi pemain.

Sebelumnya Erick Thohir dan Shin Tae-yong baru saja melakukan pertemuan pada Rabu 13 Maret 2024. Pertemuan itu dilakukan setelah Shin Tae-yong bersafari selama satu pekan ke Eropa.

Menurut Shin Tae-yong, dia menemui banyak pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa, mulai dari Belanda, Belgia, hingga Italia. Pelatih asal Korea Selatan itu kemudian memberikan laporan mengenai perkembangan para pemain tersebut.

Erick Thohir mengatakan pembahasan mengerucut tentang strategi rotasi dan komposisi pemain yang ideal untuk Timnas Indonesia. Menurutnya, saat ini Skuad Garuda sudah cukup ideal untuk menjalani laga-laga krusial.

"Kemarin saya rapat dengan coach Shin Tae-yong mengenai persiapan pertandingan melawan Timnas Vietnam di tanggal 21 dan 26 Maret. Coach Shin Tae-yong memaparkan kalau ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain seperti Shayne Pattynama. Lalu, juga Asnawi Mangkualam karena masih akumulasi kartu," kata Erick kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta pada Kamis (14/3/2024).

"Tentu, perlu strategi untuk mengisi kekurangan pemain. Itu yang selalu saya bilang berulang kali kenapa kita butuh 150 pemain, itu sama,” lanjutnya.

“Di Timnas senior pun ketika misalnya Shayne atau Asnawi cedera dan tidak bermain, pelapisnya tipis. Tinggal Arhan Pratama, mungkin nanti Sandy Walsh. Beruntung ada Nathan Tjoe-A-On, jadi tipis," jelas Erick Thohir.

"Jadi, itu yang saya bilang, di level senior pun kita harus punya 24 pemain yang standarnya sama. Ketika kalau ada pemain yang terkena kartu, cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang kualitasnya sama,” lanjutnya.

Seperti di lini tengah, kita hanya berbicara 4 pemain, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya, sudah. Ini yang harus kita dorong atau tambah jumlah pemain dengan standar yang sama," tutur Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick juga mengingatkan untuk tidak lagi membedakan pemain diaspora dan lokal. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menegaskan, yang terpenting adalah semangat para pemain untuk membela Skuad Garuda.

"Lalu, jangan terkotomi, 'Oh ini diaspora, lahir di sini', sudah lah. Perdebatan itu sudah lewat, siapa yang membawa merah-putih, itu yang kita dorong, dan siapa yang mau jadi yang terbaik," tutur Erick.

Sementara itu, Timnas Indonesia saat ini sedang bersiap untuk menghadapi Vietnam dalam dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Diketahui, Shin Tae-yong sudah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang bertanding pada 21 dan 26 Maret 2024.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut